Si Kecil Mogok Sekolah? Dengarkan Keluh Kesahnya

Anak Mogok Sekolah

Anak Mogok Sekolah

Baik anak Anda bersekolah di international preschool ataupun bersekolah di tempat yang lainnya, anak Anda bisa saja enggan masuk sekolah. Bisa saja masalah tersebut berkaitan dengan teman-temannya di sekolah, atau perilaku anak Anda sendiri. Atau mungkin saja anak baru saja mengalami suatu hal yang menyebabkannya menjadi enggan masuk sekolah. Ketika ini terjadi pada anak Anda, apa yang harus dilakukan?

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika anak mogok adalah mendengarkan dengan sebaik-baiknya apa yang membuat mereka enggan. Jangan langsung marah atau memaksa mereka untuk kembali bersekolah ketika sudah jelas mereka mengalami masalah. Dengarkan dengan baik apa yang sebenarnya mengganggu anak Anda sehingga mereka mogok, padahal sebelumnya mereka dengan rajin mengikuti kegiatan di preschool mereka tersebut.

Jika anak bersekolah di preschool taraf internasional, maka Anda bisa berbicara dengan guru atau pendamping yang bertanggung jawab atas anak Anda, dan dari situ bersama-sama mengatasinya. Ini yang bisa Anda lakukan:

  1. Saat anak mulai tantrum dan menangis tak mau pergi, dekati mereka dan dengan sabar bertanyalah kenapa. Jangan marahi, jangan salahkan mereka, bahkan ketika Anda merasa jengkel sekalipun.
  2. Anak mungkin tak bisa dengan jelas mengutarakan kenapa mereka mogok sekolah. Bantu mereka mengidentifikasi penyebabnya, dan lakukan dengan santai dan dalam situasi yang tak tegang.
  3. Ingatkan anak akan betapa senangnya mereka ketika bertemu teman-teman mereka di preschool, senang mengikuti kegiatan menyanyi, menggambar, dll. Motivasi mereka untuk mengikuti sekolah.
  4. Katakan bahwa adalah hal yang wajar untuk merasa takut, sedih, tak senang, dengan sekolah, tapi tekankan juga bahwa pendidikan ini sangat penting untuk anak supaya bisa meraih cita-citanya.

Hal terpenting saat anak mengalami masa-masa seperti ini adalah Anda sebagai orangtua harus menyadari bahwa perasaan anak, baik itu takut, malas, ataupun tegang, adalah hal yang valid dan patut untuk dihargai. Dengan demikian, anak akan bisa lebih bebas mengaku ketika ada masalah. Bekerjasamalah dengan international preschool tempat anak Anda berada, dan bersama-sama, wujudkan situasi yang membuat anak nyaman untuk kembali bersekolah lagi.