Mencegah Penyakit Datang dengan Cara Mengetahui Kehamilan

Mencegah Penyakit Datang dengan Cara Mengetahui Kehamilan

Cara Mengetahui Kehamilan

Sudah kita ketahui semua bahwa ketika ibu yang sedang hamil memiliki gejala mual muntah. Tetapi tidak semua ibu hamil memiliki gejala tersebut. Mual muntah sampai saat ini belum diketahui penyebabnya, namun kemungkinan besar karena hormon. Ketika gejala mual muntah muali muncul, terkadang ibu ragu apakah disebabkan karena hamil atau sakit. Oleh sebab itu cara mengetahui kehamilan adalah dengan mengeceknya ke dokter atau dengan menggunakan tes kehamilan. Jika sudah dinyatakan positif hamil, maka segala pola makan, istrahat, olahraga, dan pikiran harus dijaga agar janin yang ada di dalam perut ibu juga baik.

Dari cara mengetahui kehamilan pasti ibu sudah tahu jika terkadang tubuh tidak selalu bugar. Ada kalanya saat sedang hamil ibu merasa sakit. Walaupun sakit yang dideritanya ringan seperti flu atau batuk, pasti sangat menyiksa. Ibu ingin segera sembuh namun khawatir pada janin jika meminum obat. Dilemma yang sugguh menyulitkan bukan? Ada baiknya memang ibu tidak meminum sembarang obat, karena ada beberapa obat yang tidak baik untuk janin. Cara mengatasinya adalah dengan meminum air hangat, teh hangat atau jahe hangat dengan susu. Karena jamu pun tidak direkomendasikan karena khasiatnya belum tentu baik juga pada janin. Atau ibu dapat meminum vitamin agar daya tahan tubuh terhadap virus bisa lebih tertahan. Jika penyakit ringan seperti flu atau batuk mungkin akan sembuh dalam 3 hari. Jadi ibu tidak perlu khawatir.

Ketika ibu membaca informasi tentang cara mengetahui kehamilan, mungkin terdapat sedikit informasi yang terselip mengenai obat yang boleh dikonsumsi ibu hamil. Obat apa saja sih yang baik untuk janin saat ibu hamil? Obat untuk ibu hamil digolongkan menjadi beberapa kategori, yaitu kategori A, B, C, D, dan X.

  • Kategori A merupakan obat dengan kategori yang sangat baik, sehingga aman digunakan oleh ibu hamil.
  • Kategori B merupakan obat dengan kategori baik, masih dalam lingkup aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil.
  • Kategori C merupakan obat kategori sedang, dimana obat yang digunakan manfaatnya dapat dipertimbangkan dibanding dengan resikonya.
  • Kategori D merupakan obat kategori berbahaya, karena belum terbukti secara uji klinis.
  • Kategori X merupakan obat kategori yang sangat berbahaya, dimana sudah terbukti dapat menimbulkan dampak negatif pada janin.

Setelah ibu mengetahui obat yang aman untuk digunakan saat hamil, ibu juga harus mengetahui bagaimana menjaga kesehatan saat sedang hamil. Di salah satu situs parenting club resmi yang diinisiasi oleh Wyeth terdapat banyak informasi mengenai kehamilan. Mulai dari cara mengetahui kehamilan, cara menghitung kehamilan, cara menjaga kesehatan saat hamil, dan masih banyak lagi informasi lain yang bermanfaat. Tidak hanya tentang kehamilan, Ibu juga dapat informasi setelah masa kehamilan seperti bagaimana cara mempersiapkan persalinan, bagaimana ASI yang baik, sampai kapan waktu bayi diberi ASI, dan nutrisi-nutrisi untuk bayi. Sangat bermanfaat bukan?