Profil & Prestasi Himawan Arief Sugoto Terhadap Perumnas

Himawan Arief Sugoto adalah Direktur Utama Perumnas yaitu salah satu perusahaan yang dibawahi oleh Badan Usaha Milik Negara. Mulai menjabat sebagai direktur pada tahun 2007. Selama masa jabatannya, Himawan membawa banyak perubahan bagi perumnas. Perumnas berkembang dengan begitu dinamis dan membanggakan. Ini merupakan hal yang positif, mengingat  sebelum dipimpin beliau perumnas kurang menunjukan eksistensinya. Perlahan-lahan citra baik Perumnas mulai terangkat. Perumnas adalah perusahaan milik pemerintah yang bertugas sebagai badan penyedia rumah untuk kalangan menengah kebawah. Lalu siapakah sosok Direktur Utama Perumnas ini dan seperti apa peranan beliau dalam memajukan perusahaan milik pemerintah tersebut?

Himawan Arief Sugoto - Perumnas

Latar Belakang Pendidikan Himawan Arief Sugoto

Mari kita simak terlebih dahulu latar belakang pendidikan dan karier seorang Himawan Arief Sugoto. Beliau berhasil lulus sebagai salah satu lulusan terbaik program studi Teknik Sipil dari universitas ternama di Bandung yaitu Institut Teknologi Bandung. Beliau menamatkan pendidikan sarjananya tahun 1990 dan kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 mengambil konsentrasi Project Management di Universitas Indonesia. Tahun 2001 beliau lulus dengan predikat cumlaude. Predikat yang disandangnya memuluskan perjalanan kariernya yang panjang.

Sosok pemimpin Perumnas, Himawan Arief Sugoto merupakan lulusan terbaik dari Institut Teknologi Bandung atau ITB pada jurusan Teknik Sipil. Ia Kembali menorehkan prestasi terbaik di tahun 2001 beliau berhasil menyelesaikan pendidikannya dan lulus dengan predikat Cum Laude. Keberhasilan tersebut tak terlepas dari sifat beliau yang gigih dan bekerja keras sehingga mendapatkan hasil yang membanggakan tersebut.

  • Beliau pernah menjadi Representasi dan Civil Engineer di Shiraishi Corporation Japan General Construction selama tahun 1990-1995.
  • Chief Operation Officer dibawah PT Prosys Bangun Nusantara (Bakrie Group) selama tahun 1995-2000
  • Menjadi Presiden Direktur PT Prosys Bangun Persada (Prosys Group) selama tahun 2000-2007
  • Direktur Utama Perum Perumnas mulai tahun 2007 hingga saat ini.

Prestasi Himawan Arief Sugoto Terhadap Perumnas

Banyak sekali prestasi yang dicapai Perumnas selama dipimpin pria kelahiran Solo 27 April 1963 ini. Salah satu contohnya yaitu Perumnas berkontrisbusi mensukseskan program pemerintah dengan menyediakan rumah murah dan layak huni bagi masyarakat. Perumnas juga ikut berpartisipasi dalam proyek pembangunan rumah vertikal atau sering disebut rusun di kota-kota besar. Contoh lainnya yaitu Perumnas mencetuskan program rumah murah yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Tentu saja berkat jasa dan tangan dingin Himawan Arief Sugoto, Perumnas akan semakin sukses. Apalagi kebutuhan masyarakat akan hunian murah dan layak semakin tahun semakin meningkat.

Himawan Arief Sugoto Pelopor Kebangkitan Perumnas

Perumnas, sebelum tahun 2007 atau tepatnya sebelum kepemimpinan di pegang oleh Himawan Arief Sugoto dianggap kehilangan eksistensinya bahkan hampir tenggelam di antara banyaknya developer swasta yang semakin berjaya. Perumnas seakan kalah bersaing dan kehilangan taringnya di dunia property padahal di awal kelahirannya Perumnas memiliki pengaruh penting dalam hal pembangunan perumahan di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Semakin tinggi persaingan diantara developer saat itu membuat Perumnas semakin terhimpit terlebih regulasi yang di miliki tidak berbeda dengan developer swasta. Penurunan ini terlihat dari angka penjualan serta image buruk yang disandangnya membuat Perumnas semakin terpuruk. Namun hal itu akhirnya dapat teratasi, BUMN dalam bidang perumahan rakyat ini menemukan semangat dan warna baru setelah pada tahun 2007 berganti kepemimpinan.

Himawan Arief Sugoto 1 - Perumnas

Perjalanan menuju dunia kerja di mulai, keberhasilan yang diraihnya di dunia pendidikan membuat beliau tidak sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Awal karirnya di mulai dari saat bergabung dengan PT. Lenggogeni dan menempati posisi sebagai Drainage Engineer di sebuah proyek Botabek. Seiring berjalan waktu karirnya semakin gemilang hingga akhirnya sebelum di tunjuk sebagai direktur utama Perumnas beliau juga pernah menduduki posisi tertinggi di PT. Prosys Bangun Nusantara yaitu sebagai Presiden Direktur CEO pada tahun 2000 hingga 2007.

Dengan berbagai prestasi yang di raih oleh Himawan Arief Sugoto tersebut, tak heran apabila beliau di tunjuk untuk memimpin Perum Perumnas. Selama menjabat banyak kebijakan serta langkah penting yang di ambil untuk memajukan Perumnas kearah yang lebih baik. Terbukti berkat kepemimpinan beliau saat ini, serta dengan visi dan misi yang baru yaitu menyediakan perumahan rakyat yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah, pada akhirnya mampu mengibarkan kembali bendera Perumnas di dunia Properti.

Himawan Arief Sugoto, Pencetus Rumah Murah di Indonesia

Siapa yang tak kenal dengan orang yang satu ini, dengan peran pentingnya sebagai Chief Executive Perumnas, ia mampu mengembangkan lebih dari ratusan rumah bagi para penduduk Indonesia. Himawan Arief Sugoto, pria asal Solo Jawa Tengah ini, memang telah mampu mengangkat citra Perumnas, sebagai salah satu pengembang perumahan bagi rakyat dengan taraf hidup menengah ke bawah. Pria lulusan ITB ini memang telah dikenal banyak kalangan sebagai pencetus ide perumahan murah bagi rakyat.

Pencetusan ide rumah murah ini, pada awalnya banyak dilatarbelakangi oleh munculnya keluhan dari rakyat kalangan bawah untuk mendapatkan hunian yang layak dengan harga yang dapat dijangkau. Selama ini banyak pengembang perumahan yang hanya memilih menjual produk perumahan yang mereka rancang hanya kepada golongan masyarakat menengah ke atas, karena memang lebih banyak menghasilkan keuntungan. Oleh karena itulah ide pemenuhan rumah dengan biaya kepemilikan yang murah ini beliau canangkan.

Himawan Arief Sugoto 2 - Perumnas

Ide Perumahan Murah Oleh Himawan Arief Sugoto

Dengan dukungan dari pemerintah pusat dalam program sejuta rumah bagi rakyat, ide rumah murah milik Himawan Arief Sugoto ini semakin mendapatkan angin segar. Bahkan tidak hanya di pulau Jawa saja, dibawah kepemimpinannya Perumnas telah berhasil mencapai pembangunan perumahan diberbagai daerah terpencil di Indonesia. Berikut ini beberapa gagasan atau ide yang dicetuskan oleh Direktur Utama Permunas, untuk mengembangkan hunian yang murah dan nyaman bagi rakyat kecil, yang antara lain:

  • Membangun perumahan dengan harga yang murah secara merata hingga ke pelosok negeri, sehingga rakyat kecil sekalipun dapat menikmati hunian yang nyaman.
  • Membangun perumahan rakyat dengan fasilitas yang memadai didalamnya.
  • Membangun perumahan yang bersinergi dengan berbagai akses yang mudah untuk dijangkau.

Bagi Anda yang ingin memiliki hunian nyaman dengan harga yang murah, tak ada salahnya jika Anda menjadikan perumahan yang dikembangkan oleh Perumnas dibawah pimpinan Himawan Arief Sugoto ini, sebagai salah satu pilihan hunian terbaik bagi Anda dan keluarga. Tidak hanya dapat dibeli dengan cara tunai, bahkan dengan menggandeng beberapa bank nasional, pihak Perumnas juga menyediakan fasilitas pembelian rumah secara kredit, sehingga lebih memudahkan bagi rakyat dalam memiliki rumah yang mereka impikan.