cara berani bicara di depan orang banyak

cara berani bicara di depan orang banyakapakah anda sering berbicara di depan orang banyak? ketahuilah tak banyak orang yang berani bicara di depan orang banyak karena itu kami coba memberi anda tips cara berbicara di depan umum yang baik dan benar :

  • Lawan rasa malu

terkadang malu adalah alasan terbesar yang membuat Anda takut untuk berbicara di depan orang banyak. Oleh karena itu, lawan atau atasi rasa malu itu dengan cara menganggap semua . Dengan demikian, Anda merasa santai berbicara di depan mereka. Sekalipun Anda salah berbicara, itu hal biasa karena mereka adalah teman-teman Anda yang akan memaklumi bahwa Anda sedang belajar berbicara di depan umum.

  • Ajukan pertanyaan

Jika mengikuti rapat, ajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum  anda mengerti. Jangan takut jika anda dianggap bodoh karena pertanyaan-pertanyaan tersebut. intinya, berani berbicara di depan umum. dengan sering bertanya maka  anda akan terbiasa pula berbicara di hadapan banyak orang. Pada kondisi ini, Anda akan menyadari bahwa berbicara di depan umum itu tidak serumit yang dibayangkan.

  • Lakukan persiapan sebaik mungkin

Jika anda harus menjadi pembicara atau yang melakukan presentasi, lakukan persiapan sebaik mungkin. Ini menyangkut materi presentasi karena menguasai materi adalah kuncinya ketika kita berbicara, peralatan pendukung yang diperlukan, dan penampilan anda. Setelah itu, berlatihlah sehari sebelum melakukan presentasi.Dengan melakukan persiapan sebaik mungkin, anda akan semakin menguasai materi dan memprediksi suasana yang akan terjadi Dan sebaiknya buat anda lebih realex dahulu sebelum naik ke atas pangung anda bisa meminum air putih atau meminum teh sariwangi terlebuh dahulu. Selain itu, persiapan ini juga akan memberikan getaran positif sehingga perasaan Anda menjadi positif karna anda merasa sangat siap.

  • Berbicara dengan gaya Anda sendiri

Berbicaralah dengan gaya Anda sendiri. Jangan meniru gaya bicara orang lain karena Anda akan menjadi orang lain, bukan diri Anda yang sebenarnya. Dengan kata lain,karana kebanyakan orang yang bebicara di depan umum mempunyai gayannya masing masing.

  • Lakukan kontak mata

Saat berbicara di depan umum, baik sebagai pembicara atau hadirin yang bertanya, lakukan kontak mata dengan yang Anda ajak bicara. Jagan pernah mencoba membuang pandangan  anda ke ruang yang tidak ada objek (peserta ) karna anda dapat di nilai kurang percaya diri, Anda akan berkomunikasi secara nyaman. Selain itu, kontak mata dapat  mencerminkan Anda menghargai orang yang sedang diajak berbicara.

  • .Berdoa

Berdoa sebelum memulai berbicara di depan umum akan membantu menenangkan perasaaan anda. Selain itu, berdoa juga akan memberi dorongan getaran positif sehingga secara tidak sadar anda akan berani berbicara.kesimpulannya, berbicara di depan umum butuh persiapan, teknik, dan latihan. dengan menerapkan cara-cara di atas, anda akan mendapatkan ketiga faktor tersebut. teruslah berusaha menerapkannya sehingga menjadi kebiasaan yang akan mengubah anda dari seorang karyawan yang takut menjadi ketagihan berbicara di depan umum.

 

About admin