Tips Mudik Via Udara Agar Nyaman, Aman, Dan Selamat

Haiiiii #SobatAviasi, Tradisi mudik memang selalu dinanti. Berada jauh dari keluarga tentu membuat rasa ingin pulang perantau memuncak saat hari raya lebaran tiba. Ya, hari raya memang selalu hangat untuk dirayakan bersama keluarga tercinta. Namun, karena hampir satu negara melakukan mudik secara bersamaan tentunya akan terjadi kepadatan jalan dimana mana. Hal ini tentu akan sangat melelahkan jika memilih jalur darat untuk mudik. Terutama, bagi pemudik yang harus menempeh puluhan dan bahkan ratusan kilometer untuk mencapai kampung halaman. Maka dari itu, mudik menggunakan pesawat saat ini kian diminati oleh masyarakat Indonesia karena bisa lebih cepat sampai, aman dan nyaman.

tips aman dan nyaman saat mudik

source : google.com

Walau mudik menggunakan pesawat tergolong lebih aman, dan nyaman, namun bukan berarti menganggap enteng pentingnya kewaspadaan. Persiapan sebelum keberangkatan tetap diperlukan ketika pemudik memilih pesawat sebagai moda transportasi yang akan digunakan untuk pergi ke kampung halaman. Inilah yang selalu ditekankan oleh semua yang sudah menjadi #SobatAviasi. Sebagai anggota komunitas bentukan dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan yang telah diedukasi, saya ingin membagikan beberapa tips mudik via udara yang perlu diperhatikan. Sejumlah tips yang akan dibagikan memang terasa sepele. Namun, jika menganggapnya terlalu remeh bisa berujung fatal. Seperti apakah tipsnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Persiapkan Barang Bawaan

Sudah pasti, barang bawaan di pesawat tidak bisa sembarangan. Akan ada charge yang diberikan jika melebihi barang bawaan yang digratiskan untuk dibawa ke kabin atau juga aturan berat maksimal untuk bagasi. Cara termudahnya adalah dengan menghemat pakaian yang akan dibawa. Seringkali, pakaian yang terlalu banyak yang menjadi penyebab utama dari kelebihan barang bawaan saat bepergian.

Siapkan Tiket

Ada baiknya untuk memesan tiket dari jauh hari. Setelahnya, simpan baik baik dan letakkan ditempat yang mudah dilihat. Saat sudah mendekati keberangkatan, jangan lupa untuk mengecek tiket pesawat yang sudah dibeli. Yang pertama, cek bandaranya. Di kota yang memiliki dua bandara besar seperti Jakarta, pernah terjadi adanya calon penumpang yang ternyata salah bandara yang seharusnya Bandara Halim justru berangkat ke Bandara Soetta. Jika terjadi hal sial seperti ini, tentu saja akan sangat merugikan dan membuat sangat panik. Yang kedua, cek juga terminal mana yang digunakan.

Datang Lebih Awal

Datang lebih awal ketika akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat adalah anjuran yang harus dilakukan terutama saat musim mudik. Sudah diketahui, jadwal keberangkatan pesawat seringkali ada perubahan terlebih ketika arus mudik tiba. Maka dari itu, antisipasi dengan datang lebih awal agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Datang lebih awal memang berisiko akan membuat pemudik menunggu lama, apalagi jika jadwal mundur. Namun yang pasti, para pemudik tidak akan merogoh kocek lagi hanya karena tertinggal pesawat. Hal ini disebabkan lantaran adanya kemungkinan jadwal pesawat dimajukan oleh pihak bandara dan maskapai.

Matikan Ponsel

Salah satu instruksi yang diberikan di dalam kabin pesawat adalah mematikan ponsel. Instruksi ini harus dilakukan demi keselamatan saat penerbangan karena sinyal ponsel bisa mengganggu sistem navigasi.

Pastikan Koper Dan Tas Tidak Tertukar

Untuk antisipasi tertukarnya barang bawaan, berikan gantungan atau labeli koper dan tas menggunakan benda atau label yang terlihat jelas. Saat tiba dibandara tujuan, jangan lupa untuk selalu pastikan mengambil semua barang bawaan yang dibawa.
Itulah tadi beberapa tips mudik yang penting untuk diperhatikan sebelum pergi mudik menggunakan pesawat. Dengan memperhatikan apa saja yang penting sebelum keberangkatan, pergi mudik akan terjamin aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan kampung halaman.

About admin