Harga Mesin Cuci Serta Perbandingan Kelebihan dan Kekurangannya

harga mesin cuciMesin cuci merupakan salah satu elektronik rumah tangga yang seolah-olah sudah menjadi perabot yang wajib dimiliki terutama untuk para ibu rumah tangga. Dengan adanya mesin cuci, aktivitas mencuci pakaian sampai mengeringkan dapat dilakukan secara otomatis sehingga tidak memerlukan banyak tenaga. Bandingkan dengan mencuci secara manual, selain sangat membuang waktu dan tenaga, mencuci manual memerlukan terik sinar matahari saat penjemuran agar pakaian kering sempurna. Bagi Anda yang ingin membeli mesin cuci, ada baiknya untuk mengetahui kisaran harga mesin cuci beserta kelebihan dan kekurangannya:

  • Mesin cuci 2 tabung.

Sesuai dengan namanya, mesin cuci ini memiliki 2 tabung dengan bukaan atas, yakni tabung pencucian dan tabungan pengeringan. Sistem kerja mesin cuci ini adalah semi-otomatis, artinya masih memerlukan bantuan tenaga manual untuk memindahkan pakaian yang telah dicuci dan dibilas untuk kemudian dikeringkan. Namun kelebihan dari mesin cuci ini adalah harganya murah, untuk kapasitas 6-9 kg harganya 1-2 jutaan saja. Selain itu, konsumsi listriknya lebih hemat, dapat beroperasi pada arus air yang tidak deras, serta cenderung lebih awet karena kerusakannya tidak menyeluruh.

Sedangkan untuk kekurangannya, pengoperasiannya masih manual yaitu dengan panel putaran mulai dari mencuci, membuang air sampai mengeringkan. Konsumsi airnya juga lebih banyak dan kemampuannya untuk mengeringkan pakaian hanya sekitar 70% saja. Selain itu, mesin cuci 2 tabung juga lebih rentan merusak pakaian karena saat pencucian, pakaian saling melilit satu sama lain.

  • Mesin cuci 1 tabung top loading.

Mesin cuci ini sudah menggunakan sistem pengoperasian otomatis dan memiliki 1 tabung dengan bukaan atas. Mesin cuci ini juga lebih praktis karena mulai dari mencuci, membilas, sampai mengeringkan, dapat dilakukan dalam satu waktu dan tidak memerlukan bantuan tenaga manual. Daya keringnya mencapai 80-90%.

Hanya saja kekurangannya adalah harga mesin cuci 1 tabung top load ini lebih mahal jika dibandingkan mesin cuci 2 tabung. Untuk kapasitas 6-9 kg harganya berkisar 2-3 jutaan. Selain itu, konsumsi daya listriknya juga lebih besar karena menggunakan tombol otomatis, sehingga ini beresiko lebih cepat rusak apabila salah dalam penggunaannya dan memang karena kerusakannya cenderung menyeluruh. Mesin cuci top loading otomatis ini juga sering membingungkan penggunanya karena banyaknya tombol yang tersedia. Jika tidak ada fitur anti wrinkle maka pakaian tetap beresiko saling melilit pada saat pencucian dan menyebabkan pakaian lebih rentan rusak.

  • Mesin cuci front loading.

Mesin cuci front loading merupakan jenis mesin cuci yang memiliki bukaan pada bagian depan. Efek pencuciannya lebih baik dan lebih bersih daripada mesin cuci 2 tabung atau 1 tabung. Hal ini dikarenakan mesin cuci ini berputar secara vertikal sehingga pakaian tidak saling melilit. Konsumsi listrik dan air juga lebih hemat daripada mesin cuci tipe top loading. Beberapa jenis mesin cuci front loading juga dilengkapi fitur ‘hot wash’ atau pencucian dengan air panas. Daya pengering mencapai 85-100%.

Sedangkan kekurangannya, harga mesin cuci  front loading jauh lebih mahal daripada mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung. Harganya bisa berkisar antara 3-5 jutaan. Selain itu, suplay air untuk mesin cuci ini haruslah yang berarus deras agar pencuciannya maksimal, saat listrik padam, cucian terkunci di dalam mesin dan tidak dapat diambil karena pintunya tidak beroperasi. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, semua pilihan kembali pada Anda.

About admin