Pentingnya Lembaga Pengelola Wakaf Produktif untuk Potensi Wakaf Indonesia

lembaga pengelola wakafBagi umat muslim, sedekah sudah menjadi salah satu ibadah yang pastinya erat dengan kehidupan. Sedekah ini bisa bernilai kecil hingga besar dan dapat disalurkan sendiri maupun melalui lembaga. Sedekah tidak hanya bisa berbentuk uang karena bisa juga berbentuk barang, makanan hingga tenaga. Mungkin sudah banyak yang familiar dengan jenis ibadah yang satu ini, namun bagaimana dengan wakaf? Wakaf juga ibadah yang banyak dilakukan oleh umat muslim, namun mengingat wakaf ini nilainya kerapkali besar dan berbentuk benda yang dimanfaatkan selamanya, maka hanya orang tertentu saja yang memang bisa melakukannya.

Wakaf sendiri adalah harta yang diberikan untuk keperluan ibadah dimana harus dimanfaatkan untuk keperluan umat. Mayoritas dana wakaf digunakan untuk keperluan agama yaitu sebagai tempat ibadah baik masjid maupun musola. Memang penggunaan dana hasil wakaf untuk dijadikan sebagai mushola tidaklah salah, namun jika semua dana wakaf hanya dibentuk menjadi mushola, maka tujuan dari wakaf untuk kesejahteraan umat ini belum dapat terwujud secara maksimal. Selain itu, jumlah masjid dan mushola di Indonesia sebetulnya sudah tidak terhitung banyaknya sehingga ada baiknya jika harta wakaf tersebut bisa dipergunakan untuk hal-hal yang bersifat produktif.

Untuk menjawab semua tantangan ini, pemerintah pun mendirikan adanya lembaga-lembaga wakaf yang mampu mengelola hasil dana wakaf dengan lebih maksimal dan produktif. Lembaga wakaf ini memiliki fungsi sangat vital yaitu untuk membantu baik dalam hal pembiayaan, pengawasan hingga pembinaan sehingga pengelolaan harta wakaf betul-betul terkontrol dan digunakan secara produktif. Mengingat wakaf ini adalah ibadah yang juga sarat dengan perekonomian, maka tantangan terbesar dari lembaga pengelola wakaf produktif ini adalah untuk mensejahterakan seluruh umat dalam segala aspek.

Permasalahan ekonomi sosial dapat disadari bukan hanya merupakan tanggungan dari negara saja, namun juga merupakan persoalan bersama yang harus dicari solusinya bersama-sama. Dengan adanya lembaga pengelola wakaf ini, maka diharapkan potensi wakaf yang ada di Indonesia bisa digali dan bisa dimanfaatkan secara maksimal demi kepentingan umat. Tugas lembaga pengelola wakaf ini sebetulnya juga tidak ringan karena harus bertanggung jawab dalam memanfaatkan dana wakaf yang ada untuk bisa bermanfaat dan terus produktif selamanya.

Potensi wakaf di Indonesia sendiri berdasar survey adalah mencapai 3 Trilyun lebih per tahunnya. Jika semua dana ini bisa masuk ke lembaga wakaf dan dimanfaatkan, maka sebetulnya mencapai kesejahteraan umat bukan hanya menjadi angan-angan. Untuk itu, ada baiknya jika Anda memiliki harta lebih dan berniat berwakaf, maka pastikan untuk menyalurkannya melalui lembaga wakaf nasional sehingga harta tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal sehingga menjadi amal jariyah untuk Anda.

 

About admin