Kiat Komunikasi Keluarga Lebih Efektif Baik di Lingkungan Kerja Maupun Keluarga

Kiat Komunikasi Keluarga Lebih Efektif Baik di Lingkungan Kerja Maupun KeluargaKomunikasi merupakan salah satu bagian penting dalam bersosialisasi, atau membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain yang ada di sekitar Anda. Ketika proses komunikasi tak berjalan dengan baik, maka berbagai masalah kemudian akan timbul, mulai dari kesenjangan hingga konflik. Itulah mengapa penting bagi setiap orang untuk mengetahui komunikasi keluarga secara efektif, dengan lawan bicara maupun orang lain.

Hal ini akan sangat berguna ketika nantinya Anda memasuki dunia kerja, karena kemampuan dalam berkomunikasi adalah hal yang sangat diutamakan disana, apalagi pada beberapa bagian tertentu yang memang mengharuskan karyawan untuk berhubungan secara langsung dengan klien mereka. berikut ini sedikit Kiat komunikasi keluarga Anda agar bisa berjalan dengan lancar:

Ketahui siapa yang akan diajak berbicara atau komunikan, ketika Anda menggunakan bahasa yang tak dimengerti oleh orang yang diajak berbicara, pastinya hasilnya juga tak akan efektif. Sehingga penting bagi seorang komunikator untuk mengenal siapa komunikan mereka.
Berkomunikasilah dengan jelas, jangan menggunakan bahasa yang bertele-tele, karena belum tentu orang lain akan mengerti apa yang tengah Anda bicarakan. Bicarakan secara sederhana dan mudah untuk dipahami oleh orang lain.
Menghargai orang yang diajak berbicara, entah itu atasan atau bawahan, dengan Anda menghargai mereka yang diajak berbicara maka tak akan menimbulkan kesalahpahaman kedepannya.
Jangan memotong pembicaraan, hal yang paling sering terjadi dan sangat menyebalkan ketika sebuah proses komunikasi berlangsung adalah orang lain tiba-tiba memotong pembicaraan Anda, mengganti topik penting dengan yang kurang penting, hal ini juga berdampak kurang baik untuk hasil komunikasi tersebut.
Kenali juga gaya bahasa tubuhnya, ketika seseorang merasa sudah tak nyaman dengan sebuah pembahasan, maka nantinya Anda bisa mengakhirinya atau mengganti dengan topik yang lainnya.

Tips komunikasi tersebut paling dasar bisa dipraktekkan kepada keluarga, keluarga adalah sarana sosialisasi yang paling utama, sehingga jika proses komunikasi disini saja tak berjalan dengan efektif, bagaimana dengan lingkungan lainnya, sudah pasti juga tak akan lebih baik.

About admin