Menilik Info Mesin Kendaraan Manual dan Cara Merawatnya

Info mesin  kendaraan khusus pecinta otomotif wajib untuk disimak. Sebagian besar diantara hal yang sering kali menjadi hobby bagi kaum adam selain olahraga adalah kendaraan. Tak jarang diantaranya yang senang menghabiskan waktu senggang mereka dengan kendaraannya, baik itu dengan cara jalan-jalan atau mencoba untuk lakukan modifikasi, guna dapatkan tampilan yang lebih unik. Kendaraan masuk sebagai salah satu barang investasi bagi masyarakat, selain bisa digunakan untuk menunjang pekerjaan, faktanya juga bisa dijadikan sebagai modal mereka.

Menilik Info Mesin Kendaraan Manual dan Cara MerawatnyaBelakangan ini tak bisa dipungkiri juga bahwa teknologi yang disematkan untuk kendaraan juga kian canggih. Munculnya berbagai macam model dan mesin baru untuk kendaraan. Satu hal yang sering kali membuat masyarakat lebih senang berinvestasi kesini dibandingkan dengan instrumen yang lainnya, karena kendaraan ini juga dapat dipakai sebagai sarana menunjang prestise, dengan mengendarai sebuah kendaraan yang mewah dan mahal akan terlihat lebih wah.

 Namun tak memungkiri juga jika sebagian besar hanya mencari nilai manfaatnya, tak peduli harganya yang murah, asalkan tetap bisa dipakai untuk menunjang kebutuhan berkendara cukup. Jadi tak heran jika kendaraan manual bermesin biasa juga sering kali mengalami masalah. Sebenarnya ada banyak langkah mudah perawatannya agar lebih nyaman dikendarai, diantaranya adalah: 

  1. Pastikan untuk selalu memanasi kendaraan tersebut setiap hari, menstarter, kendaraan yang lama tak digunakan dan hanya disimpan di dalam garasi saja bisa membuat mesin di dalamnya berkerak, secara otomatis menyebabkannya mudah rusak. Untuk itu sangat penting untuk menstaternya setiap hari, paling tidak mesin menjadi panas dan bekerja.
  2. Mengganti oli secara teratur, oli ini adalah bagian yang penting guna melumasi mesin mobil. Biasanya pergantian wajib dilakukan ketika kendaraan tersebut telah menempuh jarah 3000 hingga 5000 kilometer, karena oli yang ada di dalamnya sudah habis, jadi nantinya performa kendaraan juga tetap bagus.
  3. Selalu mengecek cairan radiator atau coolant, bagian yang satu ini berfungsi sebagai pendingin mesin, ketika cairan tersebut habis menyebabkan kendaraan menjadi panas dan juga mogok, sehingga sebelum bepergian jarak jauh harus selalu diperiksa kondisinya agar tak bermasalah di tengah jalan.
  4. Bersihkan filter karbulasi, kotoran yang menempel pada bagian tersebut bisa menjadi penyebab mobil susah untuk dinyalakan.
  5. Memeriksa kondisi knalpot, pastikan tak ada bagian yang menyumbatnya, karena bisa menyebabkan pembuangan gas menjadi tidak lancar atau terhambat.

Baik itu mesin tua atau mesin mobil baru wajib dilakukan perawatan, sehingga performa menjadi lebih optimal dan tak mudah mengalami kerusakan. Info mesin belajar lebih banyak tentang mesin kendaraan, sehingga jika terjadi masalah tak perlu membawanya ke bengkel, cukup dengan perbaikan sendiri.

 

About admin