4 Cara Mudah Menghubungkan Android Dengan TV Anda  

 

Menghubungkan android dengan TV bukanlah perkara yang mustahil dilakukan di zaman serba canggih ini. Kini kebutuhan untuk melihat foto dengan kualitas tinggi atau video full HD di media dengan layar yang lebih luas seperti televisi dapat Anda akses dengan menghubungkannya dengan smartphone android Anda. Berikut ini beberapa cara mudah untuk menghubungkan android Anda dengan TV.

  • Menggunakan Kabel HDMI

Pastikan kabel HDMI kompatibel dengan android Anda. Matikan dulu Televisi Anda. Hubungkan android Anda dan TV dengan menggunakan kabel. Nyalakan TV dan pindah kan kanal saluran ke HDMI. Selanjutnya pilih menu setting pada Android dan centang pada kotak  HDMI connection.

Sesuaikan layar android Anda dengan posisi layar pada TV. Biasanya pengaturan lanscape pada android lebih cocok pada layar TV Anda. Setelah semua langkah-langkah tadi berhasil Anda lakukan, Anda bisa menikmati konten android yang ingin Anda lihat di televisi.

  • Menggunakan Miracast

Menghubungkan Android tv dengan miracastMiracast atau wireless display tersedia di semua OS android jelly bean pada versi tertentu. Jika tidak ada fitur miracast pada HP ataupun TV Anda. Anda dapat membeli miracast dongle atau receiver untuk menghubungkan android dengan TV. 

Kemudian lakukan pengaturan pada TV dan android Anda. Biasanya pengaturan di HP android maupun televisi memiliki perbedaan, pengaturan dilakukan sesuai dengan merek televisi dan android.

Sebagai contoh berikut ini adalah pengaturan untuk merek televisi LG smart TV, Pada remote control tekan home, pilih network, aktifkan miracast, kemudian TV akan melakukan scan, segera aktifkan miracast pada android Anda.

Lalu lakukan setting pada Android, berikut ini contoh pengaturan pada samsung galaxy. Buka menu setting, pilih wireless networks, pilih more setting dan klik pada allshare cast. Di bagian connect and share, klik screen mirrorring. Klik nama smartTV yang terdapat dalam daftar.

  • Chromecast

Menghubungkan Android tv dengan chromecastAlat khusus dari Google ini berfungsi untuk koneksi internet dan streaming. Untuk menjalankan chromecast, download aplikasinya terlebih dahulu. Aktifkan wi-fi  di HP Anda. Pindahkan saluran channel TV ke HDMI. Terakhir Anda akan diminta memasukkan kode untuk sinkronisasi.

  • All Share

Menghubungkan Android tv dengan all shareFitur ini terdapat pada HP android dengan merek samsung galaxy series. Fitur All Share sering disebut dengan samsung link. Dengan menggunakan All Share, Anda dapat melakukan sharing layar secara wirelles antara HP dan TV hanya dengan sekali klik saja.

Selain untuk mengobati rasa tidak puas melihat video full HD dari layar android yang kecil, Anda juga dapat memainkan game online yang terpasang di android melalui TV Anda. Keuntungan-keuntungan tersebut hanya akan Anda dapatkan setelah Menghubungkan android dengan TV Anda.

 

About admin