Waspada! Inilah 5 Ciri HP Android Terkena Virus

Inilah 5 Ciri HP Android Terkena VirusDalam menggunakan HP Android, selain kegunaannya yang begitu banyak, Anda juga harus berhati-hati dari serangan aneka virus atau malware. Seiring perkembangan Android, virus pun semakin berkembang dan beraneka ragam. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa ciri HP Android terkena virus sebagai berikut agar dapat memberinya penanganan lebih cepat.

  1. Munculnya IklanPop-Up

Ciri pertama HP terkena virus adalah munculnya iklan di sana-sini. Terlebih jika ada iklan atau pesan yang muncul secara pop-up. Jika Anda menemukannya ketika sedang menjalani suatu aplikasi, maka wajar, karena bisa jadi itu iklan bawaan aplikasi.

Namun, jika iklan tersebut muncul secara tiba-tiba misalnya di homescreen padahal Anda sedang tidak membuka apapun, maka waspadalah. Hindari mengklik iklan itu. Sebab, itu bisa jadi salah satu cara peretas mengambil informasi penting milik Anda.

  1. Mengirim Pesan Secara Aneh

HP Android yang terinfeksi malware atau virus biasanya mampu mengirim pesan secara aneh. Yakni Anda tidak pernah merasa mengirim pesan, namun HP mengirim pesan secara tiba-tiba. Bahkan, kadang HP mampu melakukan panggilan dengan sendirinya.

Jika Anda mendapati HP Android Anda melakukan keanehan-keanehan itu, maka segera hapus pesan tersebut. Ada baiknya pula Anda mengaktifkan otentikasi dua langkah di seluruh layanan yang mendukung. Pesan yang terkirim secara aneh biasanya adalah teknik peretas guna meretas HP Anda dengan melakukan phising.

  1. Baterai HP Boros

Apabila baterai HP Anda boros padahal Anda memakainya secara normal, boleh jadi itu ciri HP terkena virus. Mungkin ada program tertentu yang berjalan yang tidak Anda ketahui. Program yang terindikasi menyebarkan virus.

Untuk memastikan itu, Anda harus mengecek pengaturan aplikasi. Lalu lihatlah daftar seluruh aplikasi yang ada. Jika ada aplikasi yang mencurigakan atau Anda tak pernah merasa memakainya, maka segera hapus. Kemungkinan itu adalah virus yang coba menyusup ke HP Android Anda.

  1. Kuota Boros atau Cepat Habis

Ketika Anda berinternet secara massif lalu kuota cepat berkurang, maka itu wajar. Namun, jika kuota internet berkurang secara tiba-tiba padahal Anda menggunakannya dengan wajar, Anda mesti waspada. Apabila menemui hal itu, segera cek pengaturan aplikasi. Lalu hapus aplikasi yang mencurigakan.

  1. Data Sering Hilang

Ciri terakhir HP terkena virus adalah data sering menghilang secara tiba-tiba. Apabila Anda tidak pernah merasa menghapus data, namun data tiba-tiba lenyap, Anda harus berhati-hati. Hal itu bisa menjadi ciri HP sudah terkena virus.

Demikianlah lima ciri HP Android terkena virus. Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, Anda harus sering memeriksa HP Anda. Lalu, hindari pula penggunaan aplikasi yang tak penting dan mencurigakan. Pastikan HP Android Anda menjadi lebih aman dengan mewaspadai ciri-ciri Android terkena virus di atas.

 

About admin