Review Laptop Keren Dell Inspiron Seri 11 3168 dengan Windows 10

Untuk saya yang sangat suka menulis content dan memiliki pekerjaan di dunia digital, maka sangat penting bagi saya untuk memiliki laptop. Laptop sendiri bagi saya tidak hanya untuk di kantor saja, melainkan bisa saya gunakan di rumah, di cafe dan dimanapun saya berada. Karena hal tersebut, saya benar-benar menginginkan laptop dengan processor yang bagus namun memiliki fisik yang kecil dan praktis. Mungkin banyak merk laptop yang memiliki body seperti yang saya inginkan, namun entah kenapa saya sangat tertarik dengan laptop Dell Inspiron 11 seri 3168. Setelah saya mencari-cari reviewnya di google, saya semakin mantap untuk membelinya. Menurut saya, banyak sekali kelebihan dan keunikan dari laptop tersebut.

Laptop Dell Inspiron sendiri merupakan serangkaian produk komputer yang diproduksi langsung oleh Dell. Berbagai jenis latop yang diproduksinya memiliki kemampuan ultra-portable sehingga dengan mudahnya bisa kalian bawa kemanapun kalian pergi.  Banyak sekali serinya yang bisa kalian temukan, namun kali ini saya akan membahas laptop Dell Inspiron seri 11 3168. Seri laptop yang satu ini merupakan laptop 2 in 1 dengan layar minimalis, hanya berukuran 11,6 inch saja. Menurut saya, laptop dell seri ini memiliki kesan sederhana namun sangat berjiwa muda jika dilihat dari stylenya.

Dell Inspiron 11 3168 Red TangoDell Inspiron 11 3168 Red Tango

Karena ia mengusung konsep 2 in 1 maka sudah pasti dong kalau laptop ini punya kelebihan yang berbeda dari laptop lainnya. Nah Dell Inspiron 11 3168 ini memiliki engsel yang fleksibel sehingga kamu bisa memutar/melipat layarnya ke belakang sampai dengan 360 derajat. Wow! Keren banget kan? Tidak hanya dapat melipatnya ke belakang, kalian juga bisa mengubah fungsinya menjadi tablet. Kalau bosan dengan mode tablet kalian bisa memindahkan nya lagi menjadi Laptop Mode dan ada dua mode lainnya yang bisa kalian coba, yaitu Tent Mode dan Stand Mode.

Nah sekarang mari kita bahas Operating System dari laptop Dell Inspiron 11 3168 ini. Walaupun fisiknya tidak terlihat elegan dan sangat berjiwa muda, tetapi laptop dengan seri tersebut sudah menggunakan Windows 10 sebagai OS nya. OS Windows 10 sendiri diklaim sebagai OS Windows terbaik yang seumur-umur pernah dibuat oleh Microsoft. Karena memiliki berbagai fitur terbaru yang pastinya mampu memuaskan banyak konsumen. Ditambah Microsoft ingin memberikan hadiah terindah bagi konsumen yang kurang merasa puas dengan Windows 8. Banyak kelebihan-kelebihan dari OS Windows 10 yang bisa kalian temukan di berbagai seri laptop Dell Inspiron salah satunya seri 11 3168.

kenapa harus windows 10Dengan menggunakan OS Windows 10 original, kalian bisa menemukan fitur yang beragam seperti tombol start yang sudah kembali, fitur update otomatis, fitur Cortana (siri), fitur Windows Hello dan masih banyak lagi. Wah asik banget nih buat kerja, benar-benar cocok banget loh buat kalian yang berjiwa muda. Tidak berhenti sampai disitu kita juga akan membahas layar laptopnya yang ternyata sudah mendukung sistem “touch”. Memiliki ukuran yang minimalis, tidak membuat seri yang satu ini beresolusi buruk. Walaupun belum Full HD, resolusinya sudah cukup bagus yaitu sebesar 1366 x 768. Sudah sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Tidak hanya layar, seri yang satu ini juga bermain dengan keyboard. Jika kita lihat sekilas dalam mode Laptop memang tidak ada sesuatu yang spesial. Namun ketika diubah menjadi touchpad ternyata cukup memuaskan untuk golongan laptop kecil. Kalian bisa mengatur sensitivitas dari touchpad tersebut melalui software yang sudah tersedia dari Dell. Touchpadnya juga sudah mendukung multitouch gesture. Nah dari segi audio, seri satu ini sudah mampu memberikan kualitas audio yang terbaik di kelasnya. Suara yang dikeluarkan cukup jernih dan keras. Jadi masih oke banget buat kamu yang suka nonton video atau film di laptop.

Jika berbicara kualitas sempurna, mungkin memang mustahil menemukan kesempurnaan di setiap bagian sebuah laptop, apalagi laptop kecil. Tentu saja Laptop Dell Inspiron seri 11 3168 ini juga masih memiliki berbagai macam kekurangan. Dari segi layar, jika saya membaca beberapa review banyak yang menyebutnya kurang maksimal. Ini karena kontras dan akurasi warna yang terdapat pada seri tersebut belum tajam dan memanjakan mata. Lalu dari segi sudut pandang juga banyak yang menyebutnya cukup sempit, karena memang layarnya yang sangat minimalis. Lalu dari segi keyboard, walaupun cukup nyaman digunakan untuk mengetik sehari-hari, nyatanya banyak yang berpendapat bahwa agak sulit mengetik dengan kecepatan tinggi menggunakan keyboard ini. Ya tentu saja itu mungkin bisa menjadi pertimbangan kalian, tetapi bagi saya kualitas yang dimiliki Dell Inspiron seri ini sudah lebih dari cukup bagi golongan laptop kecil.

Nah sekarang saatnya membahas processor yang dimiliki oleh Dell seri ini. Jangan pernah berekspektasi tinggi dengan laptop seri tersebut, mengingat harganya yang sangat murah yaitu sekitar 3 jutaan saja. Disini kalian akan menemukan processor Intel Celeron N0360 dual core dan kartu grafis Intel HD Graphic plus RAM nya yang hanya 2 GB saja. Memang laptop kecil ini tidak memiliki performa yang pro, sehingga kalian tidak akan bisa melakukan editing video. Karena memang laptop ini tidak mendukung aplikasi tersebut. Namun laptop ini sangat juara untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda, seperti mengetik, browsing, mengerjakan tugas kuliah atau tugas sekolah, menonton film, mendengarkan musik, menonton video dan lain-lain.

Dell Inspiron 11 3168Dell Inspiron 11 3168

Lalu untuk kapasitas storage, jika berdasarkan review, Dell seri ini hanya mengandalkan eMMC sebesar 32 GB. Kapasitas tersebut pun harus berkurang banyak karena terpakai untuk ruang instalasi sistem operasi Windows 10, jadi yang tersisa hanya sekitar 10 sampai 11 GB saja. Wah kecil banget ya kapasitasnya? Nah jangan sedih dulu, kalian bisa kok memanfaatkan slot microSD untuk menyimpan data-data yang berukuran besar dan sangat penting. Kalau malas beli microSD kalian juga bisa mengakalinya loh dengan membeli harddisk eksternal.

Walaupun laptop ini berukuran sangat minimalis, ternyata baterainya cukup kuat dan awet untuk kalian gunakan seharian. Jika kondisi baterai 100% kalian bisa menggunakan laptop kurang lebih selama 9 jam tanpa charger. Hal tersebut sangat memuaskan karena sudah terbukti bahwa laptop Dell seri tersebut memang cukup tangguh untuk menemani aktivitas kalian yang mungkin sibuk dan mobile sehari-harinya.

Kesimpulannya menurut saya, laptop Dell Inspiron 11 3168 memang masih memiliki berbagai kekurangan, mengingat kelasnya sebagai laptop kecil dan murah. Namun, Dell sangat berhasil memberikan produk yang cocok untuk anak muda dengan kegiatan mobilenya. Laptop ini memiliki fisik yang minimalis dan super slim, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Memiliki warna body laptop yang tidak biasa yaitu warna Bali Blue dan Red Tanggo, kemudian processor yang sudah oke banget untuk kelasnya, OS Windows 10 original, baterai yang awet dan harganya yang sangat murah. Sudah dipastikan saya akan membelinya.

About admin