begini-cara-hapus-kontak-terduplikat-pada-androidbegini cara hapus kontak terduplikat pada android, pernah nggak anda mendapati ketika anda memeriksa kontak pada telpon anda terdapat mo kontak yang ganda, bisa saja dari kedua kontak yang sama atau juga lebih? Hal itu terjadi ketika anda melakukan sinkornasi kontak. Atau juga mengganti kartu sim dan menyinkronkan semua kontak yang ada, baik ketika melakukan factory reset yang meminta sinkornasi ulang atau juga lainnya.

Biasa yang kita akan hapus satu per satu kontak ganda atau juga duplikat itu secara manual akan tetapi proses itu akan dapat berjalan lama dan juga cukup membosankan apalagi dari jumlah nomor kontak yang mencapai ratusan tentu akan sangat menyia nyiakan waktu. Dan untuk itu pada kesempatan ini saya akan memeberi tips begini cara hapus kontak terduplikat pada android hanya dengan beberapa sentuhan jari pada layar anda.

Sebelum anda melakukan pada tutorial ini adabaiknya juga anda membackup terlebih dahulu semua yang ada di kontak pada smartphone anda. Hal itu dilakukan untuk dapat mencegah hal hal yang tidak diinginkan.

  1. Cara kesatu langsung dari kontak telpon anda

Cara kesatu ialah dengan cara menghapus langsung dari smartphone android anda. Tapi bukanlah menghapus dengan cara manual atau juga satu per satu, melainkan dengan menggunakan fitur merge yang ada pada android anda. Tapi perlu anda ingat ada juga android yang tidak menyediakan dari fitur ini, dan silahkan chek dulu pada android anda.

Fitur merge ini berfungsi untuk dapat memindahkan semua yang ada di kontak dan juga menghapus semua kontak yang sudah terduplikat dengan nomor telepon ataupun alamat email ganda.

Caranya buka contact dan kemudian teknal tombol menu. Lalu anda tekan merge accounts atau gabung akun tergantung pada android anda memakai bahasa apa. Dan selanjutnya tekan merge from google kemuan anda tekan OK dan tunggu beberapa saaat sampai proses tersebut dapat selesai.

Tapi perlu anda ketahui proses itu menggabungkan akun akun kontak untuk dapat menghapus kontak yang sudah terduplikat dengan dibuat dalam beberapa akun. Karena itu cara ini mungkin belum dapat mengatasi semua kontak yang sudah terduplikat.

  1. Menggunakan akun gmail

Cara kedua ada dengan menghapus kontak terduplikat pada android adalah dengan menggunakan akun gmail. Bila anda dapat melakukan backup data, kemungkinan anda juga dapat mengaktifkan fitur seperti sinkornasi atau kontak dengan gmail anda. Fitur tersebut ialah fitur bawaan android yang dapat menyinkronkan semua yang ada pada konttak dengan akun gmail anda yang juga sudah aktif pada smartphone anda.

Apabila telah diaktifkan. Maka anda dapat menghapus degan semua kontak ganda tanpa menyentuh smartphone anda sekalipun.

Leave a Reply