Ketahui Spesifikasi yang Dimiliki Xiaomi Mi 6

Smartphone Xiaomi hari ini berkembang dengan sangat pesat. Salah satu produk andalannya adalah Xiaomi Mi 6. Hal ini membuat Anda sebagai konsumen harus cerdas dalam memilih jenis dan tipe smartphone  yang Anda inginkan sebelum membelinya. Berikut spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki smartphone ini.

Ketahui Spesifikasi yang Dimiliki Xiaomi Mi 6

Ketahui Spesifikasi yang Dimiliki Xiaomi Mi 6Xiaomi Mi 6 memiliki jaringan internet yang lengkap, di antaranya adalah 2G GSM, 3G HSDPA, HSPA, dan juga akses internet cepat dan mudah yaitu 4G LTE. Pada bagian konektivitas, Anda bisa mennggunakan wifi 802. 11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot, radio FM, Bluetooth v 4.0 A2DP, micro USB type C 1.0, dan juga bisa menggunakan USB OTG.

Di bagian layar smartphone ini memiliki ukuran ideal dengan dimensi 145.2×70.5×7.5 seberat 168 gram dan kepadatan layar 428ppi. Di mana layarnya selebar 5,15 inchi dengan resolusi FDH 1080 x 1920 pixel yang dapat digunakan dengan tingkat kecerahan layar minimal sehingga membuat nyaman untuk digunakan saat malam hari atau di tempat gelap.

Layar juga didukung dengan teknologi IPS LCD Capacitive yang memberikan tampilan warna menjadi tajam dan juga memiliki viewving angle yang luas. Resolusi layar yang dimiliki sebesar 1080×1920 pixels pixels sehingga membuat tampilan terlihat jernih tanpa ada yang blur atau pecah-pecah.

Pada bagian kamera, smartphone ini memiliki kapasitas kamera belakang sebesar 12 MP f/1.8 dan kamera depan sebesar 8 MP. Di mana kamera, dilengkapi juga dengan phase detection autofocus, OIS Dual LED Flash dan menghasilkan kualitas video sebesar 2160p@30fps. Serta tersedianya mode kamera manual yang bisa mengatur ISO, WB, Fokus, dan Shutter speed.

Sedangkan kapasitas penyimpanan yang dimiliki hanya pada penyimpanan internal dengan dua pilihan yaitu 64 GB atau 128 GB dengan kapasitas RAM 6 GB LPDDR4x. Menyediakan dual sim  berukuran nano dan dapat aktif secara bersamaan.

Selain itu, Xiaomi Mi 6 juga dilengkapi dengan beragam sensor yaitu fingerprint sensor, ambient light, proximity, accelerometer, gyroscope, barometer, dan compass.

Adapun bahan material yang membalut body smartphone ini adalah metal aluminium plus glass yang memberikan kesan mewah dan layar corning gorilla glass 5 yang akan melindungi layar dari goresan dan risiko pecah. Serta dilengkapi juga dengan LED notifikasi.

Dalam segi tampilan Xiaomi Mi 6 hadir dengan pilihan warna yang menarik. Bagaimana pun juga warna juga menjadi pertimbangan bagi Anda. Warna yang tersedia yaitu hitam, biru, putih, di mana pada ketiga warna ini di bagian belakang body memakai material kaca.

xiaomi mi 6 ceramic blackSedangkan untuk warna khusus ceramic black yang merupakan versi exclusive di mana pada bagian belakang body berbahan keramik dan juga disempurnakan dengan lapisan emar 18k yang melingkari kamera bagian belakang.

Lalu pada bagian rangka Xiaomi Mi 6 terbuat dari bahan stainless steel yang lebih kukuh dan di setiap sudut body dibuat mewah dengan lengkungan 3D. Kapasitas baterai yang digunakan adalah Li-Po 3350 mAh, non-removable, dan fast charging.

Beberapa Kelebihan yang Dimiliki Xiaomi Mi 6

Xiaomi Mi 6 Disempurnakan Menggunakan CPU Terkuat

Xiaomi Mi 6 memiliki CPU paling kuat yang berasal dari produsen silikon terbaik yaitu Qualcomm. Spesifikasi pada smartphone ini menjadi semakin kuat dikarenakan penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang merupakan Snapdragon tercanggih yang dimiliki Qualcomm saat ini.

Xiaomi Mi 6 Menggunakan Prosesor yang Canggih

Xiaomi Mi 6 menggunakan prosesor jenis baru yaitu Kryo 200 yang memiliki 8 inti prosesor. Beberapa kelebihan dari prosesor ini yaitu pertama, mampu mendukung format storage eMMC 5.1 atau UFS 2.1. Kedua, prosesor Snapdragon 835 ini dibangun pada manufaktur berteknologi terkecil pada saat ini yaitu proses CPU 10nm.

Ketiga, prosesor dirancang di atas silikon yang berbeda dari sebelumnya. Kelima, menggunakan desain yang revolusioner yaitu Fin Field Effect Transistors yang membuatnya menjadi lebih efisien hingga 30%.

Keenam, Adanya Snapdragon 835 akan membuat prosessornya bekerja 27% lebih baik dari pada prosesor sebelumnya. Ketujuh, mampu mengurangi konsumsi daya hingga 40% dibanding Snapdragon 821.

Xiaomi Mi 6 Didukung Quick Charge 4 (QC4)

Quick Charge 4 yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 6 ini berbasis pada USB Power Delivery dan USB Type-C. QC4 merupakan salah satu fitur terbaik yang dimiliki Snapdragon 835 dan juga dikatakan lebih baik dari USB-PD.

Quick Charge 4 membuat pengisian baterai menjadi super cepat, mekanisme teknologi pengisian baterai yang super cepat ini menggunakan sistem Intelligent Negotiation for Optimum Voltage (INOV). QC4 ini juga bisa mengatur kecepatan pengisian baterai lebih efisien dan juga membuat kondisi baterai bersuhu lebih dingin. Baterai juga awet dengan daya tahan 2 hari 2 malam.

Efisiensi QC4 ini meningkat 30% kecepatannya dibandingkan QC3. Di mana lima menit pengisian baterai mampu memberi waktu 5 jam untuk pengoperasian. Namun perlu diketahui bahwa pengeluaran kecepatan pengisian baterai tertinggi pada saat kondisi baterai hampir habis.

Xiaomi Mi 6 Memiliki Graphic Card Mobile Terbaru

Xiaomi Mi 6 menggunakan GPU Adreno seri 540 yang melengkapi jajaran pengolah grafis Qualcomm yang siap bekerja beriringan dengan Vulkan API. 1.0. Vulkan API adalah application programming interface yang merupakan grafis masa depan untuk menggantikan peran OpenGL ES.

Adanya vulkan API ini memberikan manfaat kepada para penggunanya yaitu bisa memainkan semua game yang membutuhkan grafis tinggi dengan lebih lama, lebih hemat baterai, dan olehan grafis 3D yang dihasilkan berkinerja tinggi.

Simak! Kekurangan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Mi 6

Ada tiga kekurangan yang terdapat pada Xiaomi Mi 6 yaitu pertama, kamera depan belum dilengkapi dengan LED Flash sehingga menyebabkan hasil kualitas foto selfie di tempat gelap menjadi kurang maksimal.

Kedua, baterai yang dimiliki smartphone ini menyatu dengan body sehingga menyebabkan kesulitan bagi pengguna untuk melakukan penggantian baterai jika mengalami kerusakan. Selain itu baterai memerlukan waktu yang lama jika pengisian dilakukan saat kondisi baterai 0 % dengan akan menghabiskan waktu sekitar 100 menit.

Ketiga, tidak tersedianya ruang penyimpanan eksternal sehingga Anda hanya bisa mengandalkan kapasitas penyimpanan internal. Keempat, tidak memiliki audio jack yaitu lubang untuk earphone untuk itu Anda bisa menggunakannya jika memakai adapter.

Setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu juga pada Xiaomi Mi 6. Namun, kekurangan yang ada tidak membuat aktivitas Anda saat menggunakan smartphone tersebut menjadi terkendala. Sebab selalu ada solusi untuk mengatasinya. Adapun harga dari smartphone ini bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar  6 jutaan rupiah.

Leave a Reply