Technology

Persembahan Huawei Honor Indonesia : Smartphone Honor 9 Lite

Huawei memang tidak pernah main-main dalam berinovasi. Kali ini Honor Indonesia, yang merupakan sub brand dari Huawei telah meluncurkan smartphone berkualitas dengan keunggulan yang unik terutama pada bagian kamera. Jika Anda penggemar selfie dan foto-foto, Hadirnya Smartphone Honor 9 Lite sangat cocok untuk Anda. Karena smartphone ini memiliki 4 kamera dengan kualitas yang cukup baik yaitu 13 megapiksel dan disertai dengan dual kamera yang memiliki resolusi sebesar 2 megapiksel.

Hal ini menjadi tujuan utama Honor smartphone untuk menguasai industri android di Indonesia.  Honor smartphone diprediksi nantinya akan mampu mengalahkan brand-brand android lainnya hanya dengan kualitas kameranya saja. Pada kamera utamanya, Anda akan menemukan efek bokeh, sehingga nantinya Anda akan mendapatkan foto berkualitas. Tidak hanya pada kamera utama, Anda juga akan menemukan fitur canggih tersebut pada kamera selfie Anda.

Honor 9LiteHonor 9Lite memang memiliki kejutan tersendiri bagi para pecinta gadget, dibekali dengan hardware yang cukup baik, smartphone ini dapat menunjang kebutuhan Anda sehari-hari. Walau begitu, mari kita bahas satu persatu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh honor smartphone.  Dimulai dari bentuk fisiknya, Honor 9Lite dibekali dengan layar IPS LCD capacitive touchscreen 5,65 inch dengan resolusi layar sebesar 1080 x 2160 pixel full HD dan kerapatan layar sebesar 428 ppi (pixel per inch). Smartphone ini memiliki kelebihan pada warna covernya yang unik dan berbeda dari yang lain. Honor 9Lite mengeluarkan 3 warna pada covernya yaitu hitam, silver dan biru mengkilap. Warna birunya elegan dan tidak norak untuk sekelas android. Menurut saya, smartphone ini sangat nyaman digenggam di tangan, karena fisiknya yang super lembut dan ukurannya yang compact.

Smartphone ini memiliki backover yang terbuat dari kaca, namun Anda yang memegangnya tidak perlu merasa khawatir karena dibuat terasa ringan dan ketika jatuh juga tidak mudah rusak. Lalu di bagian pinggirnya, Anda akan menemukan bahan frame yang terbuat dari aluminium. Yang saya suka dari smartphone ini adalah bezel kanan dan kiri layarnya yang tipis tapi tidak akan membuat layar ini sensitif atau tersentuh secara tidak sengaja. Sehingga aman jika ingin Anda taruh dimanapun, sekalipun di kantong celana. Bentuk fisik yang dimiliki oleh Honor 9Lite adalah strong point dari segala spesifikasi yang ia miliki. Dengan kisaran harga sekitar 2-3 juta rupiah, Anda tidak akan menemukan smartphone dengan fisik sebagus Huawei Honor 9Lite.

Smartphone Honor 9 LiteNamun sayangnya, menurut saya smartphone yang satu ini sangat kurang pada kualitas audionya. Harus saya akui, loudspeaker smartphone ini sangat datar, pelan dan jika Anda kencangkan volumenya kualitas output suara yang dihasilkan akan terasa seperti pecah. Tidak hanya audio, kamera 9Lite pun memiliki kekurangan. Walaupun smartphone ini sudah cukup unggul, dengan mengusung dual kamera di depan dan di belakang, ternyata metode lowlights yang terdapat pada kamera tersebut sangatlah kurang.

Jika Anda sangat menyukai foto, pastinya mengetahui apa itu metode lowlights. Smartphone saat ini pun sudah banyak yang menggunakan metode tersebut pada kameranya, sehingga Anda yang sedang berada ditempat gelap sekalipun bisa tetap mengambil foto atau bahkan selfie. Nah, Honor 9Lite ini memiliki kualitas lowlights yang menurut saya jelek. Kualitas fotonya dapat terlihat dari grain nya yang sangat kentara, walaupun tone warnanya tetap kuat. Namun fotonya akan terlihat pecah, apalagi jika di zoom.

Tetapi secara keseluruhan, kamera smartphone yang satu ini cukup bagus jika di tempat terang, karena memiliki fokus kamera yang konsisten serta sensor yang mendukung, sehingga efek boleh pun bisa Anda dapatkan. Dual kamera pada smartphone ini pun dilengkapi dengan phase detection autofocus dan LED flash.

Beralih ke media penyimpanan, smartphone ini memliki RAM yang cukup besar yaitu 4GB dengan penyimpanan internal sebesar 64 GB dan RAM 3GB dengan penyimpanan internal sebesar 32 GB. Kapasitas yang dimiliki cukup besar untuk Anda yang ingin menyimpan berbagai aplikasi, foto-foto hingga musik. Penyimpanan pun dapat diperluas dengan memasang microSD hingga 256 GB sebagai memori tambahan.

Honor 9Lite juga didukung dengan kinerja processornya yaitu Octa-core (4×2.36 GHz Cortex-A53 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) yang tertanam pada chipset HiSilicion Kirin 659. Hal inilah yang membuat Honor 9Lite memiliki kualitas gambar yang jernih pada layarnya. Untuk kualitas jaringan, smartphone yang satu ini akan didukung dengan komunikasi data di jaringan 2G, 3G dan 4G LTE. Dari segi jaringan, smartphone ini tidak memiliki masalah, karena didukung juga dengan fitur WiFi nya yang cukup bagus dan kuat.

Untuk kualitas baterai, smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 3000 mAh. Berjenis Lithium Polimer, baterai pada smartphone ini bersifat non-removable sehingga Anda tidak akan bisa melepas baterai tersebut. Huawei 9Lite juga dibekali dengan beberapa fitur lainnya yang dapat menunjang kebutuhan Anda, seperti sensor fingerprint pada bagian belakang, sensor proximity, sensor accelerometer dan kompas.

Tadi saya sudah membahas beberapa hardware yang dimiliki, sekarang saya akan membicarakan software yang ada pada smartphone ini. Honor 9Lite sudah menggunakan Android 8.0 (Oreo) sebagai sistem operasinya. Jika dibandingkan dengan smartphhone sekelasnya, Honor 9Lite bisa terbilang unggul karena di pasaran android yang menggunakan sistem operasi 8.0 in masih sangat jarang. Hal ini sangat berpengaruh pada tingkat kecepatan yang dimiliki, sehingga Anda tidak akan menemukan lemot saat membuka tab pada website atau membuka aplikasi yang banyak secara bersamaan.

Backcase Smartphone Honor 9 LiteUntuk Anda yang suka merekam atau membuat video, smartphone yang satu ini memang memiliki dual kamera pada kamera utamanya, namun kualitas video yang dihasilkan hanya mentok di 1080p @30fps. Jadi saya sarankan, jangan berharap banyak jika ingin merekam menggunakan smartphone tersebut.

Harga smartphone ini memang cukup terjangkau dengan segala fitur dan kualitas yang dimiliki. Anda hanya perlu merogoh kocek sebanyak 2-3 jutaan saja untuk mendapatkan smartphone dengan kualitas tersebut. Huawei Honor 9Lite sendiri merupakan saingan berat bagi smartphone android lainnya seperti Xiaomi, Redmi, Vivo dan Oppo. Banyak orang yang mulai memperhitungkan kualitas smartphone yang satu ini, karena selain bentuk fisiknya yang unik, kualitas kameranya juga bagus.

Bentuk fisiknya pun cocok jika dipakai oleh orang-orang dari berbagai kalangan. Warna birunya yang mengkilap sangat cocok jika digunakan oleh anak muda, warna hitam dan silvernya yang elegan juga cocok digunakan oleh para pekerja karena terlihat sangat classy dan elegan. Ukurannya yang tidak terlalu besar, juga akan memudahkan para penggunanya untuk menaruh smartphone tersebut di berbagai tempat, termasuk di dalam kantong. Sangat nyaman ketika digenggam, karena tidak begitu licin sehingga Anda pun tidak memerlukan silicon untuk melindunginya. Itulah review saya untuk Honor Smartphone. Semoga kedepannya Honor Indonesia bisa terus berinovasi dan menciptakan smartphone-smartphone unggulan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close