Technology

Resmi! Nokia 3310 4G kini sudah bisa Wifi dan Whatsapp

Siapa sih anak 90an yang tidak kenal dengan Nokia 3310 yang dinobatkan sebagai  ponsel sejuta umat di masa itu?

Bagi kamu yang belum tahu, Nokia 3310 sudah ada versi terbarunya lho, yang juga dikenal dengan julukan Nokia 3310 “Reborn”.

Nah baru-baru ini, HMD Global selaku pemegang merek Nokia saat ini telah mengumumkan upgrade dari Nokia 3310 “Reborn” tersebut.

Dengan bentuk desainnya yang imut dan dibalut warna-warni yang trendi serta  tidak mengusung desain balok layaknya smartphone lainnya, Nokia 3310 “Reborn” menyasar pasar yang berbeda dibandingkan kompetitornya.

Pasar yang disasar oleh Nokia 3310 “Reborn” tersebut  adalah mereka yang kebanyakan hanya menggunakan ponsel dengan fungsi dasar mereka, yaitu menelpon, SMS, dan sedikit mengakses internet.

Namun dengan kemunculan upgrade terbaru tersebut, tentunya Nokia 3310 akan menjangkau pasar yang lebih luas lagi, terutama dengan ditambahkannya koneksi 4G VoLTE (Voice over LTE) dan juga fitur Wifi yang akan semakin memperlancar penggunaan internet pada smartphone tersebut.

Walaupun Nokia 3310 4G tetap tdak menggunakan OS Android resmi, melainkan menggunakan OS hasil modifikasi perusahaan ecommerce raksasa Asia, Alibaba, pada Android Open Source Project (AOSP) yang kemudian dikenal dengan YunOS, basisnya yang tetap menggunakan Android (AOSP) tersebut menjadikan OS ini mampu menjalankan beberapa aplikasi Android.

Aplikasi ternama semacam Facebook Lite, Whatsapp, dan Youtube secara teknis akan bisa digunakan pada Nokia 3310 4G ini, berbeda dengan Nokia 3310 “Reborn” sebelumnya yang menggunakan OS Nokia Series 30+.

Secara tampilan Nokia 3310 4G tidak memiliki perbedaan dibandingkan versi non-4G nya, begitu juga dengan keypad numerik serta game “Snake” yang legendaris, yang tentunya akan membuat kamu yang dulu pernah memiliki Nokia 3310 generasi lama akan merasakan nostalgia.

Menengok dapur pacunya, Nokia 3310 4G dibekali dengan RAM sebesar 256 MB dan juga ruang penyimpanan inetrnal sebesar 512 MB yang masih bisa diekspansi menjadi 64 GB menggunakan kartu microSD.

Di luarnya, layar mungil berukuran 2,4 inci yang memiliki resolusi 240×320 pixel dan juga kamera belakang yang memiliki resolusi 2MP dengan LED Flash, akan sangat cukup bagi pasar yang menjadi sasaran utama Nokia 3310 4G ini.

Sayangnya, penambahan fitur ini tidak dibarengi dengan peningkatan kapasitas baterai yang masih menggunakan baterai 1200 mAH yang mengakibatkan Nokia 3310 4G akan lebih boros dibandingkan Nokia 3310 “Reborn” yang muncul sebelumnya.

Diperkirakan, waktu standby akan berikurang drastis darii 25 hari pada Nokia 3310 sebelumnya menjadi hanya sekitar 15 hari di Nokia 3310 4G ini.

Harga resmi untuk Nokia 3310 4G sendiri belum diumumkan oleh pihak Nokia, namun sebagai patokan, Nokia 3310 “Reborn” dibanderol di harga 650 ribu rupiah, dan juga, HMD Global dikabarkan akan merilis kembali seri-seri legenda Nokia seperti Nokia N-Gage dan juga Nokia E72 dengan beragam fitur baru.

Selain Nokia 3310, HP 4G dibawah 1 juta kamu bisa temukan di artikel website OhGitu.

Kita tunggu saja kabar selanjutnya ya, apakah kamu masih tertarik untuk memiliki ponsel yang penuh dengan nostalgia ini?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close