Tips Memilih Smartphone Android yang Bagus dan Awet

Memiliki Android yang bagus pastinya akan memberikan banyak sekali keuntungan bagi Anda yang memilikinya. Apalagi seperti yang diketahui perkembangan ponsel di Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini memacu semua orang memiliki telepon genggam yang mampu diandalkan baik dari segi fitur yang ditawarkan hingga kualitas yang ditawarkan.

Tips Memilih Smartphone Android yang Bagus dan Awet spesifikasi cpuzNamun tentunya untuk bisa menemukan ponsel android seperti yang sudah disebutkan barusan bukanlah perkara yang mudah. Soalnya tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini, banyak sekali tipe ponsel yang tersedia di pasaran. Supaya Anda tidak salah pilih nantinya, ada beberapa tips mudah yang bisa dilakukan untuk menemukan ponsel Android berkualitas dan awet.

  1. Pastikan Memiliki Kualitas Jaringan 4G Lebih

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa ponsel android tersebut memiliki kualitas jaringan 4G ke atas. Soalnya sekarang ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kebutuhan akan internet menjadi kebutuhan mutlak yang dibutuhkan semua orang. Hal ini bisa diwujudkan dengan dukungan jaringan 4G yang mumpuni ini.

Apalagi sekarang ini, sudah ada jaringan yang ada di atasnya lagi yaitu jaringan 4.5G yang menawarkan kualitas internet yang lebih baik dan lebih cepat lagi. Namun tentunya tidak semua ponsel dapat memfasilitasi jaringan 4.5G ini. Untuk itulah, penting sekali bagi Anda untuk memastikan bahwa ponsel yang dipilih dapat melakukan hal tersebut.

  1. Periksalah Ukuran RAM Apabila Digunakan untuk Bermain Game

Tips berikutnya bagi Anda yang ingin menemukan Android yang bagus adalah dengan memeriksa ukuran RAM yang dimiliki. Hal ini terbilang sangat penting terutama bagi Anda yang ingin bermain game di ponsel tanpa adanya gangguan. Soalnya banyak ponsel yang sesringkali tidak mendukung apabila digunakan untuk bermain game. Terutama membuat ponsel jadi berat.

Solusinya adalah dengan memilih ponsel yang memiliki ukuran RAM yang tergolong besar. Minimal ukuran RAM tersebut adalah 4GB, semakin di atasnya tentu akan semakin baik. Soalnya dengan ukuran RAM ini maka Anda bisa menjalankan berbagai program secara bersamaan. Tentunya tanpa adanya risiko Android yang menjadi cepat panas hingga jadi lamban.

Selain itu, yang tidak boleh terlewatkan berikutnya adalah pilih ponsel Android yang juga mendukung kegiatan bermain game Anda. Dari sekian banyak pilihan layar, sangat dianjurkan untuk memilih layar dengan ukuran 5 inci atau lebih. Dengan ukuran layar yang tergolong besar dapat dipastikan Anda bakal mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih baik lagi.

  1. Periksalah Ukuran Pixel dan Kapasitas ROM

Sekarang ini, sudah tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang memanfaatkan ponsel untuk melakukan kegiatan berfoto. Apalagi ditambah dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan sosial media untuk menegaskan eksistensinya. Memiliki foto yang berkualitas tinggi sudah bisa menjadi kebutuhan tidak terhindarkan.

Apabila Anda memang menjadikan kualitas foto dari ponsel adalah kebutuhan yang tidak terelakkan maka pemilihan ponsel juga mesti tepat. Salah satu hal yang mesti perhatikan adalah ukuran pixel dan kapasitas ROM dari ponsel android itu sendiri. Kombinasi fitur inilah yang nantinya bakal memungkinkan bagi Anda untuk bisa mendapatkan kualitas foto terbaik.

Untuk perkara ROM sendiri, pastikan ROM tersebut memiliki memori internal hingga 32 GB. Itu juga termasuk ukuran mininmal pada ROM bagi Anda yang suka untuk mengambil foto. Soalnya sangat disarankan ukuran ROM yang dimiliki berkisar antara 64 GB hingga 128 GB. Ukuran ROM tersebutlah yang dianggap mampu menyimpan foto dengan resolusi terbaik.

  1. Kapasitas Baterai dan Cara Mengisinya

Sebuah ponsel apapun jenisnya tentunya ketahanan yang dimiliki akan sangat tergantung dengan kualitas dan juga kapasitas baterai yang dimiliki. Semakin bagus kualitas dan kapasitas baterai yang dimiliki pastinya akan membuat ketahanan dari ponsel ini juga akan semakin tahan lama. Poin ini semestinya sangat Anda perhatikan agar nantinya mendapatkan ponsel terbaik.

Untuk lebih detailnya lagi, pastikan bahwa ponsel Android yang bakal Anda pilih memiliki kapasitas baterai hingga 3.000 mAh atau semakin tinggi akan semakin baik. Jangan sampai Anda lebih memilih ponsel Android dengan kapasitas baterai di bawah 3.000 mAH. Soalnya apabila Anda melakukannya maka dapat dipastikan ponsel tersebut akan cepat habis baterainya.

Hal berikutnya yang juga mesti Anda perhatikan sekaligus pastikan adalah ponsel Android tersebut memiliki fitur fast charging di dalamnya. Dengan adanya fitur ini maka ponsel Android yang Anda miliki akan lebih cepat terisi ketika sedang diisi dayanya. Pastinya akan menjadi salah satu kriteria yang tepat ketika Anda sedang memilih ponsel Android yang bagus.

  1. Pastikan Prosesor yang Dimiliki

Prosesor bisa dibilang sangat vital ketika Anda sedang menjatuhkan pilihan pada ponsel Android yang diinginkan. Soalnya bisa dibilang, prosesor ini adalah otak yang menggerakan ponsel Android tersebut. Jadi pastikan bahwa Anda memilih prosesor yang berkualitas dan juga mumpuni dalam kelasnya. Soalnya akan ada banyak masalah ketika prosesor di bawah standar.

Mulai dari ponsel yang terasa lemot hingga tidak adanya kemampuan dalam menginstal berbagai aplikasi. Kombinasi yang pastinya bakal merugikan Anda sebagai pemiliknya ketika memilihnya nanti. Solusinya adalah Anda bisa memilih prosesor dengan merek ternama mulai dari Qualcomm Snapdragon, Exynos hingga Nvidia Tegra yang sudah diakui akan kualitasnya.

  1. Pilih Ponsel dengan GPU Terbaik

GPU memegang peranan sangat penting ketika Anda ingin memilih Android yang bagus untuk menikmati video maupun gambar. Soalnya GPU ini sendiri memiliki tugas untuk memproses grafis pada ponsel yang dimiliki. Semakin berkualitas GPU yang dimiliki oleh ponsel tersebut maka Anda juga semakin bisa menikmati foto hingga video di ponsel dengan kualitas terbaik.

Gimana ulasan tips memilih smartphone android yang bagus dan awet di atas? Sudah memberikanmu gambaran atau pencerahan, gitu? #hee

Leave a Reply