Tutorial

Cara Mudah Mengubah Fungsi Android Jadi Mouse

Sesuai namanya yaitu ponsel pintar, android tidak hanya berguna untuk mencari informasi melalui browser atau pun bertukar kabar dengan kerabat dan teman. Lebih dari itu, Anda bisa memanfaatkannya sebagai salah satu perangkat pendukung komputer. Melalui beberapa aplikasi khusus, Anda bisa mengubah fungsi HP android jadi mouse, remote control hingga keyboard.

Hal ini sangat berguna apabila tiba-tiba perangkat keras computer tersebut bermasalah. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki oleh ponsel pintar Anda. Setelah itu Anda tinggal menyambungkan ponsel berserta komputer atau laptop dengan jaringan wifi yang sama.

Berikut daftar aplikasi yang bisa Anda pilih untuk mengubah smartphone menjadi android :

  • Wifi Mouse

Cara Mudah Mengubah Fungsi Android Jadi Mouse wifi mouseAplikasi pertama yang bisa Anda coba adalah Wifi Mouse. Aplikasi ini selain bermanfaat untuk menggantikan fungsi mise sungguhan juga berguna untuk mengendalikan control poperpoint saat presentasi berlangsung. Anda pun bisa mengendalikan Media Player dari Android Anda dengan mudah.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal aplikasi Wifi Mouse pada Android melalui Playstore. Setelah itu Anda harus menginstal aplikasil bernama Mouse Server di laptop atau PC. Aplikasi ini berguna sebagai Host Server agar PC serta Android Anda dapat berjalan dengan lancar.

Selanjutnya jalankan Mouse Server yang terdapat pada Dekstop komputer dan Anda akan diminta untuk memasukka IP address yang bisa menghubungkan dengan Android. Buka aplikasi Wifi Mouse pada Android Anda serta masukkan IP address yang telah didapatkan. HP Android Anda pun kini sudah berubah fungsi sebagai mouse.

  • Remote Mouse

Pilihan kedua adalah Remote Mouse. Aplikasi yang bisa Anda unduh di Google Playstore dengan ukuran 6,4 MB ini hadir dengan tampilan warna hijau yang menyejukkan mata. Selain berguna sebagai pengganti mouse, aplikasi ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai remote control hingga keyboard computer atau laptop.

Remote Control ini menampilkan menu touchpad virtual, keyboard visual dan juga remote yang dilengkapi dengan berbagai tombol serta fitur yang lengkap. Selain bisa dipasang pada Android, aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan oleh pemilik iPhone serta iPad.

Seperti halnya pada Wifi Mouse, cara menjalankan Remote Mouse pun mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di Android maupun di laptop/PC yang akan dihubungkan. Setelah itu di HP Anda akan muncul menu ‘select a computer’, lalu pilih alamat IP komputer yang ingin Anda sambungkan. Untuk PC, aplikasi ini hanya berukuran sekitar 600 KB saja.

  • Unified Remote

Selanjutnya Anda bisa menggunakan aplikasi Unified Remote dengan ukuran 3,3 MB saja. Tampilannya pun tidak jauh berbeda dengan Remote Mouse, yakni didominasi dengan warna hijau. Aplikasi ini bisa dipasang pad Windows, Android, Mac & iOS, dan juga pada Linux.

Aplikasi ini selain berguna sebagai mouse juga bisa Anda manfaatkan sebagai keyboad. Anda pun bisa mengatur berkas, mengelola media, hingga mengendalikan power serta screen preview laptop/PC hanya dengan satu aplikasi saja. Jika ingin digunakan sebagai remote, maka Unified Remote juga bisa berjalan dengan koneksi Bluetooth, namun jangkauan jaringannya terbatas. .

Sama seperti dua aplikasi sebelumnya, Anda harus mengunduh aplikasi ini pada Android dan juga laptop/PC Anda. Setelah itu pada aplikasi yang terdapat di laptop/PC Anda pilih ‘Start Server’. Sedangkan pada Android, Anda harus memilih nama server laptop/PC Anda agar keduanya dapat terhubung.

Tidak seperti aplikasi-aplikasi pada HP android jadi mouse sebelumnya yang tersedia dengan gratis, Unified Remote ini tersedia dalam dua versi: gratis dan berbayar. Apabila Anda hanya menginginkan fungsi sederhana seperti mouse, keyboard serta remote, maka versi gratis pun sudah cukup. Namun jika menginginkan versi lebih lengkap Anda bisa membayar 45 ribu saja.

  • PC Remote

Anda juga bisa memanfaatkan android jadi mouse dengan aplikasi bernama PC remote. Aplikasi ini menawarkan berbagai fungsi, antara lain: mouse, keyboard, remote control, control power, serta berbagai custom remote untuk mengendalikan berbagai media pemutar music. Anda pun bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai joystick saat bermain game di laptop.

Sama halnya dengan Unified Remote, PC Remote juga hadir dalam dua versi pilihan: gratis dan berbayar. Perbedaan dari kedua versi ini tidaklah terlalu banyak karena fungsi yang didapatkan masih tergolong sama. Hanya saja pada versi berbayar Anda tidak akan menemukan tampilan iklan yang sering menggangu, sedangkan versi gratis Anda harus menghadapinya.

Cara pengoperasian aplikasi ini pun sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Anda harus mengunduh PC Remote pada Android serta laptop/PC Anda. Setelah itu sambungkan dengan menambahkan alamat IP yang diminta oleh Android Anda. Jika Anda tidak menemukan alamat IP laptop/PC yang ingin digunakan, Anda pun bisa menambahkannya secara manual.

  • USB Remote

Anda bisa juga menggunakan USB sebagai perantara antar Android serta laptop/PC yang Anda miliki. USB Remote ini menawarkan fungsi sebagai mouse, keyboard, remote presentasi, remote media player, hingga memindai dan mengetik kode QR. Kelebihan USB Remote ini Anda bisa memindahkan berbagai file yang diperlukan dari PC ke Android dan sebaliknya.

Jika pada aplikasi-aplikasi sebelumnya Anda diharuskan untuk menginstal nama aplikasi tersebut pada Android serta PC/laptop yang akan digunakan, maka USB Remote tidak demikian. Anda hanya perlu menginstal inputstick pada Android saja.

Untuk mengalihfungsikan android jadi mouse, Anda cukup menyambungkan kedua perangkat tersebut dengan USB. Setelah menunggu beberapa detik maka Android siap digunakan sebagi mouse atau keyboard. Aplikasi ini sangat berguna jika Anda suatu saat kehilangan koneksi internet karena satu dan lain hal.

Itulah Cara Mudah Mengubah Fungsi Android Jadi Mouse. Beneran mudah bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close