Saingi Apple Arcade, Google Kenalkan Google Play Pass Bagi Milenials

Saingi Apple Arcade, Google kenalkan Google Play Pass Bagi Milenials. Seperti yang diketahui bersama, fitur layanan berlangganan dan berbayar saat ini tengah dikembangkan oleh Google. Seolah siap bersaing dengan fitur serupa dari Apple, Apple Arcade, Google juga meluncurkan fitur terbarunya yang dinamakan Play Pass. Apa sajakah keunggulan fitur terbaru Google ini? Simak ulasannya sampai selesai, ya!

Apa Itu Google Play Pass?

Google Play Pass adalah layanan terbaru besutan Google yang digadang mirip dengan Apple Arcade. Sebenarnya, layanan ini sudah digarap dari tahun lalu, yang masuk dalam proyek Play Pass. Tapi, baru di tahun inilah Google hendak menguji fitur terbarunya ke ruang publik.

Fitur Play Pass ini adalah layanan berlangganan terbaru dari Google, yang nantinya bisa diterapkan untuk smartphone Android. Jika menggunakan fitur ini, para pengguna Android bisa mengakses seluruh aplikasi di Google Play Store yang berbayar tanpa harus membelinya. Terdengar hebat, ya.

Kenapa tidak perlu membayar? Karena, dengan menggunakan Google Play Pass ini, penerapan biayanya akan dikenakan sebagai biaya langganan per bulan. Untuk bisa mengakses fitur ini, nantinya pengguna akan diberi pilihan yang bebas untuk berlangganan. Bahkan, disebutkan pula bahwa para pelanggan fitur tersebut akan bebas dari sistem in-app purchase untuk semua aplikasi. Menarik sekali!

Ada Pilihan Paket Berlangganan

Tidak perlu khawatir terhadap biaya berlangganan fitur Play Pass ini. Jika mau lebih hemat, pengguna Android bisa menggunakan paket model yang sudah disediakan Google, yakni paket Family Plan.

Sistem paket Family Plan adalah dengan mematok harga tertentu untuk beberapa akun Google Play Pass sekaligus, sehingga biaya langganannya pun jadi lebih murah dibanding biaya langganan per akun. Setiap bulannya, pengguna paket ini hanya dikenakan biaya Rp70 ribu saja atau USD4,99.

Selain itu, beberapa informasi juga menyampaikan bahwa Play Pass akan menyediakan layanan gratis dalam rangka uji coba ini. Sepertinya Anda harus benar-benar memanfaatkannya sebagai ajang perkenalan dengan Play Pass, karena uji coba gratis ini hanya berlangsung 10 hari saja.

Sementara, untuk aplikasi yang tersedia di layanan Google Play Pass ini akan dikurasi langsung oleh Google. Karena itu, sampai saat ini belum diketahui apakah free trial ini berlaku untuk semua aplikasi atau hanya beberapa saja.

Akses yang Lengkap ke Play Store

google play pass playstoreSeperti yang sudah disebutkan di atas, dengan berlangganan layanan terbaru dari Google ini, pengguna akan mendapat akses langsung ke Play Store. Pengguna Play Pass tidak akan terganggu oleh iklan pop up, dan bisa mengakses ke aplikasi mana saja. Mulai dari aplikasi gim premium Android, aplikasi musik, bahkan aplikasi kebugaran. Sayangnya, Google belum mengumumkan secara resmi kapan produk berlangganan ini akan dirilis secara global. Saat ini, hanya sedang diuji cobakan saja.

Produk Serupa dari Apple

Seperti informasi di atas, sebelum Google Play Pass, Apple telah lebih dulu meluncurkan produk serupa yang diberi nama Apple Arcade. Ini merupakan layanan yang berhubungan dengan gim untuk seluruh pengguna perangkat Apple seperti iOS, macOS, serta tvOS.

Dengan berlangganan produk ini, maka pengguna akan bisa mengunduh gim yang bebas iklan. Seluruhnya, ada lebih dari 100 judul gim yang tersedia secara eksklusif di Apple Arcade. Fitur layanan ini memang ditujukan khusus agar pengguna perangkat Apple bisa menikmati pengalaman bermain gim yang lebih baik.

Nah, itu dia informasi seputar Google Play Pass, semoga bermanfaat!

Leave a Reply