Technology

Aplikasi Whatsapp Akan Luncurkan Tiga Fitur Baru yang Semakin Seru

Setelah dikabarkan bahwa Facebook akan mengukir namanya di aplikasi perpesanan miliknya, Whatsapp, kini juga santer terdengar bahwa Whatsapp akan muncul dengan versi terbaru. Versi baru aplikasi perpesanan ini juga akan menghadirkan dua fitur baru yang akan semakin memanjakan pengguna. Apa saja? Simak ulasan berikut sampai selesai!

Fitur Boomerang yang Akan Dirilis

Fitur Boomerang yang Akan DirilisYa, salah satu fitur terbaru yang akan melengkapi aplikasi Whatsapp ini adalah fitur Boomerang. Dengan adanya fitur yang satu ini, akan sangat mungkin pengguna bisa membuat loop video seperti di Instagram, ya. Fitur Boomerang itu sendiri awalnya memang diluncurkan di aplikasi Instagram. Fitur ini memungkinkan pengguna Ig untuk membuat video pengulangan yang seru dan lucu.  Sebagai informasi, fitur ini sebenarnya dibuat untuk menandingi fitur Vine yang ada di Twitter. Vine sendiri sangat populer bagi orang-orang yang menggunakan media sosial Twitter ini.

Dari WABetaInfo dilansir, bahwa fitur Boomerang untuk Whatsapp sekarang ini masih pada tahap pengembangan. Yang bisa menggunakannya adalah pengguna Whatsapp yang ada dalam program beta. Fitur ini akan diterima melalui panel Video. Selain itu, seperti diketahui, saat ini Whatsapp juga sudah memiliki kemampuan untuk konversi video menjadi file GIF.

Fitur Boomerang di aplikasi Whatsapp ini akan tersedia dalam format video berulang yang durasinya mencapai 7 detik. Kemudian, video yang sudah dibuat ini nantinya akan bisa dishare dengan kontak Whatsapp. Selain itu, bisa juga dishare sebagai status Whatsapp supaya semua orang yang ada di kontak bisa melihatnya.

Memang, fitur Boomerang sampai saat ini hanya masih dikembangkan untuk versi iOS saja. Tapi, video berulang tersebut juga akan terus dikembangkan sehingga tersedia juga pada platform Android.

Anti Hoax dengan Fitur Frequently Forwarded

Anti Hoax dengan Fitur Frequently ForwardedSelain fitur Boomerang untuk kebutuhan penggunanya, aplikasi Whatsapp juga sudah meluncurkan fitur yang satu ini. Fitur Frequently Forwarded adalah fitur yang dibuat dengan tujuan khusus untuk membatasi penyebaran berita palsu atau hoax. Dengan menggunakan fitur ini, maka sebuah pesan di Whatsapp akan terlihat sudah berapa kali diteruskan.

Sebelumnya, Whatsapp juga sudah memperkenalkan label penerusan pesan ini di tahun lalu. Tentu saja tujuannya sama, yakni untuk membantu membatasi berita hoax. Ada pembaruan Android Beta yang sudah menerima dua fitur terbaru Whatsapp ini, yaitu Forwarding Info serta Frequently Forwarded.

Lebih Aman dengan Fitur Fingerprint

Lebih Aman dengan Fitur FingerprintSatu lagi fitur terbaru yang dihadirkan aplikasi Whatsapp ini, yaitu fitur Fingerprint Lock atau fitur kunci sidik jari. Sebelumnya, fitur ini disebut dengan istilah otentifikasi atau pun kunci layar. Dengan adanya fitur ini, pengguna aplikasi dimungkinkan untuk bisa mengautentifikasi Whatsappnya menggunakan Touch ID. Ini berlaku setiap kali pengguna akan membuka atau masuk ke aplikasi.

Kabar gembiranya, fitur tersebut telah dirilis untuk versi betanya dan akan resmi diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan. Memang, sebelumnya Whatsapp sudah menambah fitur lock screen di piranti iOS, tepatnya pada Februari 2019 lalu. Sayang, fitur tersebut belum juga dirilis secara publik sampai sekarang, meski sudah hadir juga Whatsapp Beta versi 2.19.221.

Untuk bisa menggunakan fitur yang satu ini, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut di aplikasi Whatsapp. Pertama, masuklah ke dalam Whatsapp, buka Pengaturan > Akun > Privasi > Kunci Sidik Jari. Klik aktifkan dan secara otomatis fingerprint tersebut telah aktif. Setelah aktif, tentu saja pengguna harus menggunakan sidik jarinya untuk mengautentifikasi jika ingin membuka Whatsapp.

Banyak sekali hal yang bisa pengguna lakukan meski Whatsapp menggunakan fitur yang satu ini. Salah satunya, pengguna masih bisa menjawab panggilan saat Whatsapp masih terkunci. Selain itu, pengguna dapat juga mengatur timer supaya Whatsapp mengunci secara otomatis. Ada beberapa pilihan untuk timer itu, yakni setelah 1 menit bahkan sampai setelah 30 menit.

Namun begitu, jika pengguna aplikasi Whatsapp ini memilih sesuatu selain ‘segera’, maka akan memperoleh jumlah waktu tertentu dari kapan terakhir kalinya menggunakan Whatsapp. Dengan catatan, selama aplikasi ini tidak terkunci juga tidak memerlukan lagi pembukaan dengan sidik jari. Di bagian Pengaturan yang sama, pengguna juga bisa mendapat sakelar untuk memperlihatkan konten pesan serta siapa pengirimnya. Itu akan muncul dalam notifikasi yang diterima.

Namun, jika pengguna memakai widget Whatsapp dan Fingerprint Lock ini diaktifkan, maka widget tidak akan menampilkan apa pun. Hal itu disebabkan, konten yang meliputi Whatsapp disembunyikan secara default. Untuk memperkuat tingkat keamanannya, Whatsapp akan menggunakan API sidik jari dari platform Android. Hal ini untuk menghindari terkirimnya autentifikasi dari perangkat ke server Facebook.

Itu dia tiga fitur terbaru dari aplikasi Whatsapp yang akan semakin memanjakan dan memberi kenyamanan bagi penggunanya. Semakin mantap menggunakan aplikasi yang satu ini, bukan?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close