Technology

Luar Biasa, Penemuan Mesin Sortasi Buah Mangga oleh Petani Indonesia

Indonesia merupakan sebuah negara tropis yang memiliki berbagai sumber daya serta kekayaan yang sangat banyak. Salah satu kekayaan yang banyak dihasilkan di Indonesia adalah buah-buahan. Ada banyak sekali jenis buah-buahan yang tumbuh disini, salah satunya adalah buah mangga.

Mengenal Mesin Sortasi Buah Mangga

Buah mangga merupakan buah yang memiliki rasa manis dan segar. Buah ini sangat diminati oleh semua masyarakat Indonesia. Biasanya, masyarakat selalu membeli dan memilih mangga yang memiliki kualitas baik dan harga terjangkau. Dalam melakukan pemilihan buah mangga dengan kualitas baik tersebut, tentunya dilakukan terlebih dahulu proses sortasi dari mesin sortasi buah mangga.

Awalnya, para petani buah mangga di Indonesia selalu melakukan proses sortasi secara manual saja. Dan tentu saja, hal ini sangat berpengaruh sekali terhadap efisiensi produksi buah mangga itu sendiri.

Oleh karena itu, mesin sortasi buah mangga sangat bermanfaat dalam membantu proses produksi buah mangga agar lebih cepat dalam melakukan pemasaran nantinya. Selain itu, mesin ini bisa memudahkan petani dalam melakukan proses sortasi buah dan menghasilkan buah dengan kualitas yang sangat baik.

Mesin ini bisa digunakan oleh satu orang saja. Kegunaan dari mesin sortasi ini adalah untuk melakukan proses sortasi berdasarkan ukuran, berat, serta warna buah mangga itu sendiri. Dengan begitu, petani akan lebih mudah dalam menentukan kualitas mangga terbaik sehingga bisa dijual di pasaran dengan harga yang sudah ditentukan sebelumnya.

Inovasi mesin sortasi buah mangga tersebut banyak yang memberikan respon positif dan diharapkan bisa dimiliki oleh semua petani buah mangga di Indonesia. Sehingga, mereka bisa mempersingkat waktu dalam melakukan proses sortasi dan memiliki banyak waktu untuk mengurusi pohon mangga mereka.

Tiga Sensor dalam Mesin Sortasi Buah Mangga

Perlu kamu ketahui bahwa mesin sortasi ini memiliki tiga sensor yang bisa bermanfaat bagi proses sortasi. Apa saja tiga sensor tersebut? Berikut ulasannya.

  • Sensor ukuran. Mesin sortasi buah mangga memiliki sensor ukuran yang bekerja denga cara menyeleksi setiap buah mangga dengan berdasarkan ukuran yang diinginkan. Dengan mesin ini, para petani bisa menentukan ukuran mangga yang besar, sedang atau kecil. Sensor ukuran ini sangat berguna bagi para petani yang ingin menjual mangga berdasarkan ukuran yang telah ditentukan. Selain itu, sensor ukuran bisa memudahkan para petani juga dalam menentukan harga tergantung jenis ukurannya. Karena setiap mangga yang dijual, pasti memiliki perbedaan harga dalam setiap ukurannya.
  • Sensor berat. Mesin sortasi buah mangga ini bekerja dengan cara menimbang berat buah sesuai dengan berat yang menjadi acuan kualitas buah mangga terbaik. Sensor ini sangat penting dilakukan, karena akan selalu ada konsumen yang selektif dalam memilih buah mangga sesuai berat buahnya itu sendiri.
  • Sensor warna. Sensor ini berfungsi untuk menyeleksi kecerahan warna yang dimiliki oleh buah mangga sebagai penentu kualitas buah mangga terbaik juga. Sehingga, penjualan buah mangga dengan melakukan mesin ini akan lebih baik dan terjaga kualitasnya.

Ketiga sensor yang dimiliki oleh mesin sortasi buah mangga tersebut akan digerakkan oleh sebuah conveyor. Sehingga setiap buah mangga akan melewati ketiga sensor tersebut tanpa terkecuali.

Mesin sortasi ini diharapkan mampu memberikan manfaat yang sangat banyak bagi para petani Indonesia. Salah satunya adalah dengan dapat menghasilkan produksi buah yang lebih efektif dan efisien. Sehingga, muncullah buah mangga yang memiliki kualitas terbaik dari buah mangga manapun juga.

Demikian informasi mengenai mesin sortasi buah mangga yang merupakan hasil inovasi dari petani Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related Articles

One Comment

  1. Sebenarnya mesin sortasi buah sudah banyak digunakan di Indonesia. Tidak hanya mangga, banyak buah yang bisa diaplikasikan dengan mesin ini, hanya saja perlu diubah pengaturannya agar lebih sesuat dengan karakteristik buah tersebut. Kegiatan yang dulunya dilakukan manual tersebut sudah semakin praktis dilakukan oleh perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close