Gadget

Samsung Usung Fitur NFC di Galaxy A30S, Kenapa?

Samsung usung fitur NFC di Galaxy A30S, kenapa? Penggemar vendor ponsel pintar yang satu ini jelas sangat terpuaskan dengan kehadiran produk barunya, Galaxy A30S. Di Indonesia, Samsung A Series memang tengah digemari masyarakat sebagai ponsel medium yang berkelas. Begitu juga dengan Galaxy A30S yang laris manis di pangsa pasar tanah air.

Mungkin para kostumer belum mengulik lebih jauh tentang fitur terbaru yang diusung produk ini. Sadarkah Anda jika Samsung menyematkan fitur NFC di ponsel Galaxy Series-nya kali ini? Untuk apa sebenarnya sehingga fitur tersebut perlu disematkan?

Berkaitan dengan Pembayaran Elektronik

Seperti diketahui, era milenial ini apa-apa serba digital, termasuk urusan belanja dan bayar-bayar. Kehadiran NFC di perangkat Samsung Galaxy A30S ini berusaha menyediakan kebutuhan tersebut bagi para kostumernya. Jika dilihat, tren pembayaran elektronik atau biasa disebut dengan e-money ini memang sedang dan akan terus berkembang di tanah air.

Product Marketing Manager Samsung Electronic Indonesia, Irfan Rinaldi memberi penjelasan mengenai kehadiran fitur NFC ini. Menurutnya, fitur tersebut muncul bukan sembarangan, melainkan sudah melalui survei internal. Dari survei itu ditemukan hasil yang menunjukkan adanya permintaan pengguna untuk menghadirkan NFC di produk terbaru Samsung.

Jika mau ditelaah lebih jauh, tren penggunaan e-money payment masih akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang. Memang, di negara-negara lain payment elektronik ini sudah menggunakan kode QR dan bukan NFC lagi. Namun, di Indonesia masih ada kebutuhan khusus penggunaan NFC yakni untuk pembayaran elektronik pada moda transportasi.

Jadi, munculnya fitur NFC di Galaxy A30s ini bukan sekadar iseng-iseng saja. Di belakangnya benar-benar ada proses dari melihat komentar-komentar kostumer di sosmed, melakukan penelitian secara kualitatif dan kuantitatif, kemudian dihasilkan demand atau permintaan yang sesuai.

Kamera Tetap Nomor Satu

Samsung Usung Fitur NFC di Galaxy A30S, Kenapa?Dalam kesempatan tersebut Irfan juga menjelaskan, bahwa permintaan NFC dulunya masih kalah saing jika dibanding permintaan kamera yang super canggih. Dilihat dari data internal Samsung, permintaan untuk NFC hanya mencapai 1 sampai 2 persen saja. Sedangkan permintaan untuk fitur kamera menempati peringkat teratas sampai dengan 30 persen. Di bawahnya, ada permintaan kapasitas baterai ponsel supaya awet dan fast charging.

Namun, dilihat dari data yang sekarang, permintaan fitur NFC ini semakin meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan, Samsung mendapatkan nilai yang sejajar dengan permintaan fitur kemanan biometrik yakni sebesar 6 sampai 8 persen. Pihak Samsung memaklumi hal tersebut, karena memang di mana-mana untuk sebuah ponsel pintar, fitur kamera selalu menjadi yang paling atas, misal tingkat kepentingannya mencapai 30 persen. Kemudian baterai yang mencapai 20 persen. Sekarang ada juga NFC yang dulunya hanya 1-2 persen kini menduduki kepentingan yang sama dengan fingerprinter scanner sampai 6-8 persen.

Harga Tetap Bersahabat

Banyak kostumer yang sudah mengkhawatirkan banderol Galaxy A30s ini akan mahal karena kehadiran fitur terbarunya tersebut. Namun, ternyata Samsung mematok harga yang masih cukup bersahabat meski di dalamnya tersemat NFC. Samsung memang bertujuan sebisa mungkin untuk tetap menjaga harga yang ‘wajar’ di pasaran. Ini juga terbukti pada series A50s yang meskipun memiliki banyak improvement, tetapi harganya tetap sama.

Samsung Usung Fitur NFC di Galaxy A30S, fitur kameraUntuk saat ini, Samsung memang baru mengusung fitur NFC tersebut hanya di Samsung Galaxy A30s saja. Tentu ini akan memudahkan para pengguna, khususnya masyarakat milenial yang memang mencari sesuatu yang serba praktis dan cepat. Dengan ponsel ini, transaksi digital bisa dilakukan hanya dengan satu kali tap di bagian bodi ponsel. Omong-omong soal harga yang masih wajar itu, Samsung membanderol Galaxy A30s dengan harga Rp3,29 jutaan saja.

Cocok untuk Gamer

Samsung Usung Fitur NFC di Galaxy A30S, test game pubgSelain cocok untuk pengguna yang senang melakukan transaksi digital, Galaxy A30s juga ponsel pintar yang cocok untuk para gamer. Hal ini terbukti dengan menyertakan fitur Game Booster yang juga menjadi pembeda antara seri sebelumnya, yakni A20s. Dengan fitur game booster ini, tidak heran jika banyak fasilitas tambahan yang akan sangat memuaskan para gamer mobile. Fitur ini tentu akan meningkatkan pengalaman bermain yang semakin menarik dan mengasikkan.

Jika fitur NFC bisa dilakukan sekali tap untuk bayar-bayar, maka game booster akan membuat frame rate yang lebih stabil dari segi digitalnya. Ini akan membuat A30s menjadi lebih smooth saat digunakan untuk bermain game. Selain itu, tentu saja ponsel ini juga diotaki dengan chip pilihan, yakni Exynos 7904. Kapasitas memorinya juga tidak perlu diragukan, ya. Ada RAM dengan kapasitas sebesar 4Gb, juga memori internal sebesar 64GB. Dengan spesifikasi tersebut, tentu saja ponsel ini tidak akan lag saat digunakan untuk bermain.

Nah, itu dia keunggulan fitur NFC dan game booster yang ada di Samsung Galaxy A30s. Bagaimana menurut Anda?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close