Business

Sebelum Kalap Sambut Harbolnas, Ketahui Dulu Pengertian dan Sejarahnya

Sebelum kalap sambut Harbolnas, ketahui dulu pengertian dan sejarahnya. Hari Belanja Online Nasional. Siapa warga milenial yang tidak tahu dengan istilah yang satu ini? Sebagai pelaku yang gemar melakukan shopping online, kedatangan hari yang satu ini tentu ditunggu-tunggu, ya. Persiapan uang dan list barang yang akan diborong pasti sudah disusun dari jauh-jauh hari.

Namun, sebelum Anda kalap dan lupa daratan di hari tersebut, tidak ada salahnya lho, cari tahu dulu tentang pengertian dan sejarah Harbolnas. Seperti apa? Simak ulasan di bawah ini sampai selesai, ya!

Pengertian Hari Belanja Online Nasional

Kalau soal pengertiannya, Anda pasti sudah paham benar, bukan? Hari Belanja Online Nasional memang suatu hari di mana Anda bisa mendapatkan promo besar-besaran serta diskon yang sangat menarik dan tidak tanggung-tanggung. Umumnya, yang memberikan diskon dan promo tersebut adalah berbagai website ecommerce serta mereka yang berkecimpung dalam bisnis online, seperti online-online shop.

Konsep untuk Harbolnas ini bisa dikatakan hampir menyerupai dengan acara diskon besar-besaran tahunan yang digelar di beberapa negara. Sebut saja Amerika, Jerman, Inggris, Kanada, juga Jepang. Di negara-negara tersebut, acara diskon besar-besaran ini juga bersamaan dengan perayaan liburan yang dikenal dengan sebutan Thanksgiving Day. Biasanya, acara ini dirayakan di hari Jumat setelah perayaan Thanksgiving, sehingga dikenal pula dengan istilah Black Friday.

Saat perayaan Black Friday inilah, seluruh toko di negara-negara tadi akan memberikan diskon serta promo besar-besaran. Selain itu, toko juga akan dibuka lebih lama, tentunya untuk menarik minat para pembeli. Selain toko-toko offline, website-website e-commerce di negara-negara tersebut juga melakukan hal serupa. Bedanya, e-commerce di sana memiliki event tersendiri yang disebut dengan Cyber Monday. Dalam event ini, situs e-commerce tersebut akan memberikan diskon serta promo gila-gilaan secara online. Seperti namanya, Cyber Monday digelar pada hari Senin setelah Black Friday.

Sejarah Harbolnas di Indonesia

Tentu saja, di Indonesia ini Harbolnas juga punya sejarahnya sendiri ya, meski di sini tidak ada perayaan semacam Thanksgiving seperti di negara lain. Awalnya, Hari Belanja Online Nasional ini diselenggarakan untuk melakukan edukasi terhadap masyarakat Indonesia mengenai belanja online. Tepatnya, hari ini diawali pada tahun 2012, pada tanggal 12 Desember, yang selanjutnya diperingati setiap tanggal dan bulan yang sama setiap tahunnya.

Pada tahun 2012 lalu, memang tradisi belanja online dan e-commerce yang ada di Indonesia belum sepopuler sekarang ini. Masyarakat Indonesia masih cenderung kurang percaya untuk melakukan transaksi yang sifatnya online. Karena itulah, situs e-commerce yang sudah populer di tahun 2012, menyadari bahwa pengguna internet di Indonesia cukup tinggi, tapi penggunaan transaksi online-nya masih rendah.

Akhirnya, dipelopori oleh Lazada, pada tanggal 12 Desember 2012 itu diselenggarakanlah Harbolnas. Tajuk yang diusung yakni 12.12.12, yang akhirnya diikuti oleh banyak situs e-commerce lainnya. Sebut saja Zalora, Traveloka, BerryBenka, Luxola, dan masih banyak lagi yang lainnya. Saat itu, tujuan utamanya diadakan Hari Belanja Online Nasional ini adalah untuk memperkenalkan transaki online, online shopping, dan e-commerce pada masyarakat secara luas. Tentu, tujuan utamanya adalah untuk memajukan industri e-commerce di Indonesia.

Nah, itu dia pengertian dan sejarah Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas di Indonesia. Mengingat sekarang online shopping sudah menjadi bagian dari gaya hidup, maka sudah pasti hari ini begitu ditunggu-tunggu, ya. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close