Technology

Google Perkenalkan Fitur Terbaru untuk Cegah Spam. Seperti Apa?

Google perkenalkan fitur terbaru untuk cegah spam. Seperti apa? Google terus berinovasi memperbarui fitur-fitur mereka. Hal ini tentu saja bertujuan untuk memudahkan para penggunanya dan memberikan fasilitas terbaik. Kali ini, Anda tidak perlu cemas lagi dengan spam-spam yang bertebaran, karena Google sudah menciptakan penangkalnya. Dinamakan dengan fitur Verifikasi SMS, seperti apa kinerja fitur terbaru ini? Simak ulasan berikut sampai selesai!

Upaya Perlindungan Pesan dari Spam

Fitur terbaru Google yang satu ini dibuat sebagai upaya peningkatan Google untuk melindungi pengguna dari pesan-pesan yang mengandung unsur spam. Fitur ini diberi nama fitur Verifikasi SMS, yang bisa digunakan dalam layanan perpesanan untuk Android. Selain itu, dikutip dari Tech Radar juga menyebutkan bahwa verifikasi tersebut dilakukan untuk tujuan khusus. Yakni, supaya pihak Google dan pengguna mengetahui apakah nomor telepon yang mengirim pesan memang berasal dari bisnis legal yang sudah terdaftar.

Jika yang mengirim pesan merupakan bisnis yang sudah legal, maka pengguna juga akan segera tahu. Pasalnya, akan ada logo atau nama perusahaan yang tertera di utas pesan tersebut. Hal itu juga menandakan bahwa pesan sudah terverifikasi dan dijamin bukan spam.

Belum Dimiliki Semua Perusahaan

Disebabkan fitur terbaru Google ini masih baru diluncurkan, maka Google mengakui bahwa belum semua perusahaan mau pun penyedia bisnis ada di dalam database fitur tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu tentu saja semua perusahaan akan terkover dengan fitur ini. Melalui fitur Verifikasi SMS ini, Google berharap agar para pengguna lebih nyaman, khususnya dalam persoalan SMS yang sering kali hanya spam.

Baca Juga  Mengolah Website Toko Online Semakin Menarik

Misalnya ada nomor-nomor yang tidak dikenali dan minta kode-kode tertentu misalnya KTP, dan lain-lain, maka akan diketahui apakah pesan tersebut benar terverifikasi atau tidak. Langkah terbaru yang dilakukan oleh Google ini adalah upaya mereka untuk mengurangi jumlah spam. Bahkan, di beberapa negara, fitur semacam ini sudah jauh lebih pesat lagi. Perpesanan di Android telah mempunyai kemampuan yang bisa memberi tahu pengguna bahwa pesan yang diterima sebetulnya spam atau bukan.

Sudah Ada Sejak Lama

Sebetulnya, jika diusut lebih lanjut maka fitur terbaru Google ini sudah ada sejak lama. Tepatnya sejak update di versi 4.2 Google Messages. Tapi, sayangnya pada saat itu belum dijelaskan betul secara terperinci bagaimana kinerja fitur ini, apalagi dengan nomor telepon tertentu dan berkaitan dengan spam.

Pada update terbarunya sekarang, fitur Verifikasi SMS jelas sudah aktif dan bisa digunakan secara default. Akan tetapi, fitur ini juga masih terbatas digunakan oleh pelaku bisnis atau perusahaan yang nomornya telah terdaftar dalam database Google.

Fitur Baru Lainnya

Selain fitur Verifikasi SMS, ada fitur terbaru Google yang juga tidak kalah bermanfaat, yakni fitur interpreter atau penerjemah Google Asistant. Mulai sekarang, fitur ini sudah ada di smartphone, baik di Android maupun iPhone. Awalnya, fitur ini memang hanya ada di layar pintar, misalnya ketika pengguna berada di hotel dan ingin bicara dengan petugas hotel. Fitur ini juga akan membuat orang bisa bercakap-cakap meski menggunakan bahasa yang berbeda.

Cara mengaktifkannya pun cukup mudah, hanya dengan menyebutkan kata Hey Google, be my Korean translator, misalnya. Setelah aktif, fitur canggih ini bakal menerjemahkan kalimat yang diucapkan dalam real time tersebut dalam bahasa yang dipilih penggunanya. Ada 44 bahasa yang bisa diterjemahkan oleh si canggih ini. Hebat, ya!

Baca Juga  Tips Memilih Smartphone Android yang Bagus dan Awet

Nah, itu dia beberapa fitur terbaru Google yang keren dan makin canggih. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close