Technology

Hati-hati, Ada Bug di Whatsapp yang Bisa Hapus Obrolan Grup

Hati-hati, ada bug di Whatsapp yang bisa hapus obrolan grup. Bug memang menjadi salah satu masalah yang bisa merusak suatu aplikasi. Dalam aplikasi chatting paling populer seperti Whatsapp pun, masalah yang satu ini tidak bisa dihindari. Bahkan, bisa dikatakan WA sering jadi langganan masalah bug. Jika masih ingat, di awal 2019 WA pernah terserang bug yang akan kembali menyimpan chat yang sudah dihapus. Terbaru, ada lagi bug yang bisa menghapus obrolan grup. Seperti apa?

Rentan Menyerang Obrolan Grup

Kabar bug di Whatsapp yang satu ini diumumkan oleh Mashable, Check Point. Mereka menyebut bahwa perusahaan di bagian keamanan menemukan kerentanan bug yang bisa menyerang obrolan di grup. Bug ini akan menyusup di dalamnya. Bug ini bisa dibilang cukup berbahaya. Karena menurut Check Point, hacker yang menciptakannya akan mengirim sebuah pesan destruktif. Pesan ini bisa membuat obrolan di grup tiba-tiba terhapus, bahkan grup tersebut bisa hilang secara permanen.

Tingkat yang paling parah adalah jika pengguna aplikasi terpengaruh oleh bug tersebut, maka aplikasi terpaksa harus dihapus dan diinstal ulang dalam perangkatnya. Para peneliti di Check Point pun sudah menganalisis cacat bug tersebut dan bagaimana kinerjanya terhadap aplikasi WA. Ternyata, bug ini berada di dalam aplikasi dan bisa mendeteksi nomor milik pengguna, serta mengubahnya menjadi nama.

Para peneliti itu kemudian mengedit fitur yang dibawa bug di Whatsapp tersebut, dengan menambahkan dan memasukkan karakter-karakter non digit. Karakter yang digunakan yakni karakter @ dan &. Maka, disimpulkan hasil akhirnya, bahwa satu pesan yang dikirimkan ke dalam obrolan grup tersebut bisa membuat semua anggota di dalam grup mendapat masalah. Misalnya ada notifikasi yang akan meminta pengguna untuk menginstal kembali aplikasi WA supaya bisa berjalan seperti semula. Hal ini tentu saja akan merepotkan semua anggota.

Baca Juga  Ini Game Anime Keren Yang Ga Ada Di Playstore

Grup Tidak Bisa Dikembalikan

Rupanya, bug tersebut merupakan bagian dari program yang bernama Bug Bounty Whatsapp. Ini semacam program untuk para pakar teknolog yang disuruh untuk menemukan berbagai kekurangan dalam kode aplikasi. Kekurangan tersebut nantinya akan dilaporkan kepada perusahaan tertentu, dan mereka akan mendapatkah imbalan atau hadiah.

Para peneliti juga menyebutkan konsekuensi dari bug di Whatsapp ini. Apabila disisipi bug tersebut, maka grup tidak bisa dipulihkan lagi pasca kerusakan yang sudah terjadi. Lebih parahnya, grup tersebut wajib dihapus supaya kerusakan tidak berlanjut. Hal ini tentu membuat resah para pengguna WA karena biasanya di dalam Whatsapp terdapat grup-grup penting yang juga memuat konten penting.

Sayangnya lagi, walau nantinya sudah diinstal ulang, pengguna tetap tidak akan bisa kembali ke obrolan grup tersebut, dan tidak bisa juga mengakses riwayat obrolan grup itu. Parahnya, pengguna juga tidak bisa lagi mengakses riwayat obrolan di grup-grup yang lain. Karena adanya kerentanan itulah, Whatsapp mengupayakan cara tersendiri untuk melawan bug. Kini, Whastapp telah merilis perbaikan dan meminta penggunanya untuk segera mengupdate aplikasi.

Dalam hal ini, Check Point juga menghimbau kepada seluruh pengguna Whatsapp untuk memperbarui aplikasi hijau tersebut ke versi yang paling baru. Ini sangat berguna sekali untuk melindungi Whatsapp dari serangan bug di Whatsapp yang satu ini. Jadi, jika sampai sekarang Anda belum sempat update Whatsapp, segeralah update sebelum menyesal di kemudian hari, ya!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close