Technology

Batasan Konten Dalam Instagram, Vape Terancam Tak Bisa Dipromosikan

Batasan konten dalam Instagram, vape terancam tak bisa dipromosikan. Seperti diketahui, pengaruh media sosial di zaman ini begitu kuat. Tak hanya untuk personal, tapi juga untuk menunjang kemajuan bisnis atau usaha seseorang. Karena itu muncullah istilah influencer Instagram, orang-orang yang rela membayar media sosial ini untuk mempromokan produk yang sedang mereka geluti. Namun, kabar terbaru menyebut bahwa Instagram akan membatasi kontennya, dan beberapa produk terancam tidak bisa dipromosikan. Benarkah? Simak ulasan berikut sampai selesai!

Pertama Kalinya Dalam Instagram

Baru-baru ini berembus kabar bahwa Instagram, sosial media yang paling populer era ini, akan segera membatasi influencer untuk mempromokan barang atau produk mereka. Hal ini merupakan pengalaman pertama bagi Instagram sendiri, khususnya dalam memberi batasan pada konten-konten berbayar dari para influencer. Sebelumnya, konten berbayar seperti ini bisa dipromokan dalam jumlah yang tidak terbatas dan segala macam produk pun bisa.

Dalam peraturan terbaru ini terkait batasan konten dalam Instagram, disebutkan bahwa ada beberapa produk yang nantinya akan ada dalam garis merah atau tidak boleh lagi diposting. Produk tersebut antara lain vape atau rokok elektrik, produk-produk tembakau, juga senjata. Hal ini disampaikan sendiri secara langsung oleh Instagram pada hari Rabu (18/12), seperti dikutip CNBC. Meski belum ada pro kontra yang santer terdengar menanggapi berita ini, tapi mungkin saja para influencer akan tidak menerimanya.

Berlaku Juga di Facebook

Banyak yang mengira penegakan kebijakan yang satu ini akan menutup celah iklan di Instagram bagi para influencer. Yang mana, sebelumnya para influencer bisa memuat sebuah tag ‘kemitraan berbayar dengan’ untuk postingan produk mereka, dan kini tag tersebut akan dihilangkan. Perlu diketahui juga bahwa kebijakan semacam ini sudah berlaku di platform induk Instagram, Facebook.

Baca Juga  Tips Smartphone Begini Cara Rawat Baterai Ponsel

Dari kebijakan batasan konten dalam Instagram dan Facebook ini, Facebook Group seolah ingin benar-benar memberi batasan pada platform mereka dari hal-hal berbau negatif. Pasalnya, diketahui obat-obatan seperti suplemen untuk diet, juga alkohol akan di-banned secara resmi dari sosial media raksasa tersebut. Facebook menuturkan bahwa promosi produk-produk seperti itu memerlukan wadah dan pembatasan yang khusus.

Solusi untuk Masalah Ini

Tentunya, awak media sosial ini bukan hanya menerapkan kebijakan tanpa solusi bagi para influencer. Seperti dikabarkan, terkait hal tersebut sekarang ini Facebook sedang mengembangkan suatu alat khusus. Yang mana, nantinya alat tersebut akan otomatis menyalurkan konten di Instagram mau pun Facebook sesuai dengan usia penggunanya. Hal ini merupakan angin segar bagi para influencer dalam membuat atau mempromokan konten sesuai dengan batasan yang baru nantinya.

Namun, masih disayangkan karena kebijakan tentang batasan konten dalam Instagram ini masih belum diketahui betul kapan akan mulai diberlakukan. Untuk tanggal dan bulannya sendiri, Instagram mau pun Facebook sama-sama belum memberikan klarifikasi. Pihak mereka hanya menyebutkan, kebijakan ini baru akan berlaku dalam beberapa minggu ke depan. Dari sini bisa disimpulkan bahwa artinya, peraturan tersebut akan mulai diterapkan di tahun 2020 mendatang.

Bagi Anda yang merupakan seorang influencer, mulai sekarang harus berancang-ancang untuk peraturan baru terkait pembatasan batasan konten dalam Instagram ini, ya! Semoga solusi yang ditawarkan Facebook dan Instagram ini juga benar-benar bisa mengatasi masalah tersebut. Karena tidak bisa dipungkiri, media sosial ini adalah wadah yang sangat baik untuk menginformasikan dan promosi bisnis

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close