Technology

Kabar Terbaru dari Facebook Group, dari WhatsApp Sampai Messenger

Kabar terbaru dari Facebook Group, dari WhatsApp sampai Messenger. Facebook Group memberikan inovasi gejor-gejoran di apilkasi-aplikasi bawahannya. Tak hanya instagram yang dibatasi untuk para influencer, ada beberapa fitur terbaru juga yang diusung di aplikasi perpesanan mereka, WA dan Messenger. Apa saja fitur tersebut? Simak ulasan berikut sampai selesai!

Fitur Hapus Pesan Grup WhatsApp

WhatsApp memang aplikasi favorit untuk semua orang. Aplikasi perpesanan ini memang memberikan banyak sekali kemudahan sehingga tidak heran jika ada di ponsel pintar setiap orang. Seperti yang diketahui, tak hanya pesan pribadi yang bisa dikirim dalam WA ini, melainkan pengguna juga bisa membuat grup obrolan atau WAG. Nah, salah satu hal yang biasanya malas dilakukan orang terkait WAG ini adalah menghapus pesan atau obrolan.

Padahal, jika tidak dibersihkan maka obrolan di WAG akan menumpuk. Hal ini bisa menyebabkan ponsel menjadi hang karena kebanyakan memori. Dilatar belakangi hal itu, Facebook Group sedang menguji coba fitur terbaru untuk menyelamatkan ponsel dari risiko tersebut. Fitur ini terlihat di WhatsApp beta, khususnya untuk Android dengan versi 2. 19. 275.

Ini memang bukan kabar baru ya, karena sudah dari Oktober kemarin WA menyebut-nyebut tengah menyiapkan fitur Pesang Menghilang. Sekarang, fitur tersebut sudah sempurna dan namanya pun sudah diganti dengan fitur Hapus Pesan. Cara kerja fitur ini adalah untuk menghapus pesan lama di WAG. Nantinya, pesan yang sudah kedaluwarsa akan hilang secara otomatis setelah beberapa waktu tertentu. Pengguna nantinya akan bisa memilih jangka waktu tersebut, mulai dari satu jam, sehari, satu minggu, bulan, bahkan tahun.

Baca Juga  Tercanggih, Lensa Kontak Ini Beri Efek Zoom Saat Berkedip

Namun, fitur Hapus Pesan yang dirancang oleh Facebook Group ini hanya bisa diakses oleh admin grup. Sehingga, apabila admin memutuskan untuk menghapus pesan, maka otomatis pesan di semua peserta grup juga akan terhapus.

Tidak Bisa Daftar Messenger dengan Nomor Telepon

Lain halnya dengan WhatsApp, ini dia peraturan baru yang diterapkan Facebook untuk aplikasi perpesanan lainnya, yakni Messenger. Baru-baru ini ada aturan yang menegaskan bahwa pengguna baru tidak bisa lagi mendaftar Messenger dengan nomor telepon saja. Melainkan, pengguna juga harus memiliki akun Facebook untuk bisa chatting menggunakan Messenger.

Facebook Group telah mengenalkan kemampuannya untuk mendaftar Messenger tanpa menggunakan akun FB sejak 2015 lalu. Sekarang, mereka resmi menghapus ketentuan tersebut. Alih-alih memakai nomor telepon, sekarang pengguna baru Messenger harus menggunakan akun FB untuk mendaftar. Namun begitu bagi pengguna lama yang sudah terlanjur memakai nomor telepon saja, maka tidak perlu melakukan tindakan apa pun.

Ada beberapa pengguna di sebuah platform Reddit, yang sudah mendaftar Messenger tanpa akun FB dan mendapatkan pesan kesalahan. Pesan tersebut berisi bahwa akun mereka sudah dibatasi. Perubahan ini memang terjadi jelang penyatuan yang sudah direncanakan oleh Facebook. Rencananya, platform perpesanan utama di bawah naungan FB yakni WhatsApp, Instagram, dan Messenger memang akan disatukan.

Laporan yang diterbitkan oleh The New York Times bahkan menyebutkan di awal tahun ini, Facebook Group akan mengintegrasikan semua infrastruktur teknisnya yang mendasari ketiga jejaring social tersebut. Tak hanya akan mengandalkan interoperabilitas di antara layanan perpesanan masing-masing, social media terbesar ini juga akan beralih ke enkripsi end to end untuk semua aplikasi perpesanannya. Jadi bagaimana, sudah siap dengan perubahan WhatsApp dan Messenger ini, bukan?

Baca Juga  Daftar Ponsel Android Nokia Terbaru 4G LTE Paling Dicari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close