Technology

Hati-hati, WhatsApp Sedang Diintai Oleh New Year Virus

Hati-hati, WhatsApp sedang diintai oleh New Year Virus. WhatsApp memang aplikasi chatting paling populer di era ini. Tak hanya kemudahan yang diberikannya, tapi juga kenyamanan saat menggunakan WhatsApp menjadi salah satu hal yang menjadi alasan banyak orang untuk menggunakannya. Namun, baru-baru ini aplikasi hijau tersebut bisa dikatakan rentan. Ada beberapa virus yang menyusup, mulai dari virus yang bisa menghapus obrolan, dan sekarang ditemukan lagi virus baru yang mengintai pengguna WhatsApp. Seperti apa? Simak ulasannya sampai selesai!

Bernama New Year Virus

Ada-ada saja memang tingkah orang dalam memanfaatkan momen tahun baru. Banyak yang membuat resolusi baru untuk semakin lebih baik, tapi ada juga yang iseng membuat virus yang notebene merugikan orang banyak. Virus yang diduga menyusupi WhatsApp ini bernama New Year Virus. Sebetulnya, ini bukanlah virus yang muncul baru-baru saja, melainkan sudah ada sejak lama. Virus ini juga mudah sebetulnya untuk dihindari.

Namun, karena momen yang mendukung, yakni momen tahun baru 2020 ini, maka virus tersebut diprediksi akan cukup berpotensi dalam mengganggu pengguna WhatsApp. Tak hanya mengganggu, melainkan juga membahayakan. Kenapa membahayakan? Tentu saja karena cara kerja virus ini bisa berakibat fatal.

Pesan yang Berisi Tautan

New Year Virus ini bekerja dengan halus sehingga pengguna tidak sadar bahwa itu adalah virus. Seperti yang dilansir dari laman Gizchina, kinerja virus ini adalah dengan mengirimkan pesan yang berisi tautan. Nantinya, tautan tersebut jika diklik akan mengarahkan pengguna ke halaman website yang sudah terinfeksi virus. Jadi, secara otomatis jika pengguna mengklik tautan tersebut, WhatsApp-nya akan disusupi virus.

Baca Juga  Daftar Ponsel Android Nokia Terbaru 4G LTE Paling Dicari

Virus ini memang akan menyamarkan diri menyerupai pesan atau tautan yang berisi ucapan selamat tahun baru. Untuk menarik perhatian para pengguna aplikasi hijau tersebut, tautan berisi virus ini akan tampil dengan tulisan yang menarik berupa ucapan selamat tahun baru, dan sebagainya. Yang mana, untuk bisa membaca selengkapnya pesan yang ada di dalam tautan tersebut, pengguna harus mengklik tautan itu.

Nah, jika sudah seperti ini, maka ponsel pintar atau PC pengguna ada dalam bahaya. Akibat yang akan ditimbulkan oleh New Year Virus ini adalah iklan yang muncul terus menerus. Ini tentu akan sangat mengganggu saat pengguna sedang menggunakan aplikasi WhatsApp. Tak hanya itu, virus ini juga akan menyebabkan pengguna dimintai data-data pribadi serta berbagai penawaran keanggotaan untuk beberapa layanan. Hal ini pasti akan sangat mengganggu jika bermunculan terus menerus.

Telah Menyebar ke Berbagai Negara

Dari kabar terakhir disebutkan, bahwa virus yang satu ini sudah menyebar sampai ke beberapa negara. Karena itu, pihak WhatsApp menghimbau supaya penggunanya lebih berhati-hati dan waspada. Apalagi, jika menerima pesan berupa tautan dengan ucapan selamat tahun baru. Meski pesan tersebut datang dari orang yang dikenal, jangan begitu saja membukanya.

Apalagi jika yang mengirim pesan tersebut adalah orang yang tidak dikenal atau nomor asing. Maka, jangan sesekali membuka atau mengklik tautan tersebut. Alih-alih membukanya, pengguna sebaiknya memblokir si pengirim virus tersebut. Virus ini tidak memandang merek atau perangkat yang diserangnya. Seberapa mahal pun perangkat ponsel pintar, tidak akan lepas jika sudah terinfeksi virus ini. Begitu pula dengan PC atau pun laptop.

Itu dia ulasan mengenai New Year Virus yang mengancam pengguna WhatsApp. Semoga bermanfaat!

Baca Juga  Tips Memilih Smartphone Android yang Bagus dan Awet

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close