Tutorial

Cara Mudah untuk Menambahkan Kapasitas Partisi C di windows 10 Tanpa Hilang Data

Apakah kamu ingin mengetahui cara menambah kapasitas partisi C di Windows 10 tanpa hilang data saat melakukan partisi? Jika ini yang kamu cari, maka kamu wajib membaca tutorial berikut ini sampai selesai.

Jika kita mendengar kata partisi didalam komputer pastilah yang berhubungan dengan hardisk. Partisi ini sebenarnya merupakan cara auntuk membagi hardisk menjadi beberapa bagian. Didalam hardisk tersebut akan dibagi kedalam beberapa bagian yang bertujuan agar kita memiliki manajemen data komputer yang baik.

Mungkin jika kita tidak membagi hardisk menjadi partisi, apabila kita akan menginstall ulang atau hardisk terkena virus maka bisa saja kita membuat file-file yang ada hilang karena kita secara tidak sengaja menghapus file dengan cara melakukan install ulang.

Cara menambah kapasitas partisi C di Windows 10

Jika kita ingin menambahkan partisi C, karena partisi C yang ada sudah mau habis sehingga kita ingin menambah partisi c, langkah-langkah dan cara menambah kapasitas partisi C di Windows 10 adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah lakukan klik kanan ikon windows yang ada pada desktop
  2. Selanjutnya serelah melakukan klik ikon windows, maka pilih disk Management
  3. Berikutnya kita akan coba menambahkan partisi c, caranya adalah dengan mengambil sejumlah kapasitas dari beberapa partisi lain. Disini akan dicontohkan misalnya mengambil kapasitas dari partisi D. Selanjutnya kita akan sebut Partisi DATA 1. Lalu klik kanan partisi DATA 1, setelah itu dilanjutkan dengan memilih Delete Volume.
  1. Setelah selesai maka kita tinggal pilih Yes
  2. Dapat kita lihat bahwa partisi DATA 1 ini sesudah kita hapus maka akan menjadi Unallocated. Dan kitapun bisa langsung menambahkan partisi unallocated ini kedalam partisi C
  3. Berikutnya yaitu klik kanan pada partisi C, setelah itu pilih extend volume
  4. Pilih Next
  5. Dapat dilihat bahwa untuk kapasitas Unallocated tadi adalah 13GB, kita bisa menambahkan kapasitas semuanya kedalam partisi C atau bisa jadi kita hanya menambhakan sebagiannya saja di sesuaikan dengan kebutuhan kita.
  6. Setelah melakukan penambahan partisi C  lalu klik next
  7. Finish
  8. Akhirnya kita sudah bisa menambhakan kapasitas partisi C. bisa kita lihat bahwa partisi C  ini akan mengalami kenaikan/ penambahan.
Baca Juga  Cara Mudah Mengubah Fungsi Android Jadi Mouse

Cara Partisi Unallocated space Windows 10

Untuk partisi unallocated space ini selain bisa ditambahkan kedalam partisi lain, bisa juga menjadi partisi baru. Untuk menjadikan partisi baru, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama adalah lakukan klik kanan pada Unallocated, setelah itu dilanjutkan dengan memilih New simple Volume
  • Apabila langkah pertama sudah selesai maka kita tinggal klik next
  • Selanjutnya adalah dengan memasukkan kapasitas yang kita inginkan, bisa sebagian ataupun secara keseluruhan. Contoh disini adalah memasukkan kapasitas semuanya. Lalu klik Next
  • Langkah berikutnya kita tinggal memasukkan nama partisi. Disini kita kan menyamakan namanya dengan DATA 1. berikutnya klik next
  • Setelah selesai maka pilih finish
  • Nah caranya sangat mudah kan? Kita bisa menambahkan paartisi C sekaligus kita juga bisa menambahkan kapasitas partisi baru

Fungsi partisi hardisk

Fungsi partisi hardisk ini sangatlah penting. Dibawah ini dijelaskan mengenai fungsi partisi hardisk.

Memudahkan pengguna

Saat kita membagi hardis kedalam beberapa partisi maka kita akan menghemat waktu terutama dalam pencarian data. KIta bisa memisah-misah isi dari partisi. Misalnya partisi satu digunakan untuk menyimpan sistem operasi, sedangkan partisi lain digunakan untuk menyimpan file ataupun foto serta video.

Mempercepat kinerja komputer

Apabila kita menyimpan data pada satu partisi maka kemungkinan akanmembuat jaringan menjadi lemot. Jadi untuk mempercepat kinerja komputer kita bisa membaginya kedalam beberapa partisi.

Data Menjadi lebih aman

Kita tidak bisa membayangkan apa jadinya kalau semua data dijadikan satu partisi.  Jika data masih menjadi satu dan belum terbagi,maka jika hardisk ini terserang virus maka semuanya akan terkena virus.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close