Tutorial

Cara Untuk Menampilkan On screen Keyboard di Laptop dengan Mudah

Keyboard merupakan salah satu komponen yang penting dalam laptop. Komponen ini menyatu dengan laptop. Apa jadinya kalau keyboard ini rusak? Bagaimana cara kita menginput data? Jangan khawatir karena sistem operasi windows 10 sudah menggunakan on screen keyboard sebagai salah satu fiturnya. On screen keyboard digunakan untuk menampilkan keyboard virtual pada layar laptop.

Keyboard virtual ini biasanya terdapat pada layar laptop yang menggunakan touchscreen. Lalu bisakah on screen keyboard ini dipakai untuk laptop yang non touchscreen? Bisa saja, yaitu dengan menggunakan mouse.

On screen laptop ini sangat membantu jika keyboard fisik laptop sedang terkunci dan tidak bisa di gunakan. Apalagi jika laptop mempunyai password ang butuh untuk diinput melalui keyboard fisik. Maka solusinya adalah dengan menggunakan on screen keyboard.

Untuk cara menampilkan on screen keyboard di laptop, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kitapun bisa memilih salah satu dari Cara Untuk Menampilkan On screen Keyboard di Laptop berikut.

Melalui settings

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menampilkan on screen laptop adalah dengan melaui settings. Cara ini sangat mudah dilakukan bagi laptop yang mempunyai sistem operasi windows 10.

Langkahnya yaitu :

  • Melalui start menu windows, kita bisa memilih settings
  • Langkah berikutnya adalah kita memilih opsi Ease of Acces
  • Terakhir adalah memilih menu keyboard, lalu untuk mengaktifkannya kita isa memilih on screen keyboard

Melalui Kolom Pencarian

Cara yang kedua untuk menampilkan on screen pada laptop adalah dengan melalui kolom pencarian. Cara inipun sangat mudah dilakukan. Kita tinggal mengetik nama yang ingin kita cari pada kolom pencarian.

Baca Juga  Download dan Cara Memakai Resetter Canon ip2770

Cara mengaktifkannya sebagai berikut :

  • Langkah pertama adalah dengan mengetik On screen keyboard yang ada di kolom search windows
  • Klik untuk membuka
  • Dan keyboard virtual sudah siap digunakan

Melalui Run

Cara yang ketiga untuk menampilkan on screen keyboard pada laptop adalah dengan melalui Run. Aplikasi Run pada windows ini adalah salah satu fitur windows yang berfungsi untuk membuka suatu fungsi pada sistem windows dengan mudah.

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama untuk mengaktifkan keyboard virtual ini adalah dengan cara klik kanan yang terdapat pada tombol start windows. Setelah itu pilih Run.
  • Selanjutnya tinggal ketik OSK
  • Terakhir adalah klik Ok, dan kitapun sudah bisa menggunakan keyboard virtual ini

Menggunakan Command Prompt

Cara keempat untuk menampilkan on screen keyboard pada laptop adalah dengan cara menggunakan Command prompt. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan menggunakan bantuan command prompt, salah satunya adalah untuk membuka sistem tertentu pada windows.

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama adalah mengetik command prompt ( CMD ) pada kolom pencarian windows
  • Selanjutnya adalah dengan membuka CMD tersebut
  • Langkah terakhir adalah dengan mengetik OSK selanjutnya klik enter

Menggunakan windows powershell

Cara lain adalah dengan menggunakan windows powershell. Penggunaan powershell ini hampir mirip dengan CMD. Hanya saja ketika kita menggunakan windows powershell maka hasilnya akan lebih advance.ini karena fungsi-fungsi pada sistemnya cakupannya lebih banyak.

Cara menampilkan on screen keyboard nya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama adalah pada start menu lakukan klik kanan tombol windows. Selanjutnya adalah memilih windows pwershell ( admin)
  • Langkah berikutnya adalah dengan mengetik OSK lalu tekan enter
  • Langkah terakhir adalah tunggu beberapa saat sampai terbuka aplikasinya
Baca Juga  Cara Cek Pulsa All Operator 2019

Diatas adalah beberapa cara menampilkan on screen keyboard pada laptop dengan mudah. Pilih salah satu dari cara diatas. Semoga bisa membantu.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close