food

Cara Membuat Cilok Aci Dengan Berbagai Variasi

Cemilan yang paling hits saat ini adalah cilok. Cilok memang lagi hits karena semua orang suka rasa cilok yang gurih dan kenyal. Ketika digigit di mulut cilok sangat memuaskan karena kekenyalannya. Cilok sendiri terbuat dari aci atau tepung tapioca yang membuatnya kenyal. Cilok ini punya banyak varian sehingga tidak akan pernah bosan memakan cilok. Daripada anda beli cilok yang kadang belum tentu terjamin kebersihan pembuatannya. Anda bisa membuat sendiri cilok. Tidak susah kok dalam membuat cilok ini. Berikut berbagai variasi cara membuat cilok aci.

  1. Cilok Aci Pentol Daging

Pernahkah anda mencoba sajian yang memiliki rasa gurih, kenyal dan enak ini? Cilok pentol daging ini memang sempat popular sekali di pertengahan tahun 2020. Nah bahan yang anda siapkan untuk membuat cilok pentol daging adalah daging 250 gram, aci atau tepung tapioca 250 gram, tepung terigo 50 gram, bawang putih 3 siung, merica kasar atau bulat 7 butir, dan daun bawang 4 batang. Siapkan air hangat secukupnya saja. Untuk bahan bumbu cilok pentol daging adalah cabe keriting 7 buah, cabe pedas 5 buah, bawang putih 3 siung, bawang merah 5 siung dan tepung maizena dilarutkan 1 sendok makan.

Cara pembuatan cilok ini dengan mencampurkan daging yang sudah diblender halus, aci, tepung terigu ke dalam satu wadah. Kemudian ulek merica bulat dan bawang putihnya. Masukkan pada donan aci tadi. selanjutnya diaduk dengan menambahkan air hangat hingga lembut atau berbentuk kalis. Selanjutnya anda tambahkan daun bawang dicincang. Aduk lagi dan bentuk menjadi bulat-bulat. Siapkan panci yang berisi air dan masukkan adonan aci dagingnya. Selanjutnya rebus hingga matang. Sambil menunggu aci daging matang. Kita blender semua bahan untuk bumbunya dan masak di api sedang dengan menambahkan larutan maizena. Sesudahnya anda masukkan aci yang sudah matang dan makan dengan kerupuk.

2. Cilok Aci Ceker 

Cilok bisa dimakan dengan apa saja dan dibuat menjadi apa saja. Salah satunya adalah dimakan dengan ceker ayam. Ceker ayam ini juga ada gizinya lho! Jadi anda tidak perlu khawatir. Cilok ceker ini bisa anda masak bersamaan dengan kuah yang enak. Bahan-bahan yang diperlukan untuk ciloknya adalah tepung tapioka 20 sendok makan, tepung terigu 10 sendok makan, bawang putih 1 buah, micin, garam dan air. Untuk cekernya siapkan sekitar 5 buah. Selanjutnya kuahnya siapkan bahan cabe pedas, bawang putih, micin, garam dan daun seledri.

Cara meembuat ciloknya adalah dengan menguleni tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih ulek, mici dan garam dengan ditambahkan air. Airnya jangan sampai membuat adonan lembek jadi dikit saja. Selanjutnya siapkan panci yang berisi air dan masukkan ceker ayam. Setelah itu masukkan ciloknya bersama ceker ayam. Sekarang kita sisihkan ceker ayam dan ciloknya. Buat kuahnya dengan mengulek semua bumbu dan tumis. Tambahkan air dan masukkan cilok beserta ceker ayamnya.

Baca Juga  Danish Butter Cookies Brand, Cookies Kesukaan Keluarga Dengan Kelezatan Sejati

Kedua resep cilok tadi sangat mudah bukan? Tips membuat cilok yang penting anda membuat adonannya tidak benyek atau terlalu lembek. Kemudia anda ketika merebus bisa ditambahkan minyak goreng sedikit saja agar tidak lengket ciloknya satu sama lain. Nah, untuk tips makan bisa dimakan dengan pilus kecil atau juga dimakan dengan kerupuk yang gurih tambahkan pula kecap. 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close